ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK ANGKAT YANG DITERLANTARKAN (Studi Pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat)

DESI, GUSTIA SARI (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK ANGKAT YANG DITERLANTARKAN (Studi Pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bab 1-2-5 repository.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Putusnya perkawinan tidak menjadi putusnya kewajiban orang tua untuk memelihara dan mendidik anaknya, Tetapi di dalam judul penelitian ini tentang Analisis Hukum Islam Terhadap Hak Asuh Anak Angkat yang Ditelantarkan tidak sejalan dengan apa yang diterapkan dalam hukum Islam dan Undang-Undang. Hak asuh yang diterima oleh anak angkat tidak terpenuhi sebab ibu dari anak angkat tersebut telah meninggal dan kemudian orang tua angkatnya menikah lagi, sehingga keberadaan anak angkat tidak diterima (dianggap). Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Apa yang melatarbelakangi penelantaran anak angkat pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat? 2) Bagaimana analisis Hukum Islam tentang penelantaran hak asuh anak angkat oleh orang tua angkat pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat?. Tujuan penulis penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui latar belakang penelantaran anak angkat pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat dan untuk mengetahui analisis hukum Islam tentang penelantaran hak asuh anak angkat oleh orang tua angkat pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Untuk mendapatkan data yang valid, sumber data penelitian ini yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data didapat dari wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Informan adalah teknik yang digunakan dalam pemilihan yang langsung dari narasumber. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, menggunakan metode kualitatif dan berfikir induktif. Hasil penelitian ini adalah yang menyebabkan terjadinya perlakuan penelantaran anak angkat di Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat oleh orang tua angkatnya ialah terjadinya ayah angkat menikah lagi, datangnya orang baru dan faktor ekonomi. Akibat penelantaran anak angkat yang dilakukan oleh orang tua angkatnya pada Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat, mengakibatkan anak putus sekolah karena tidak terpenuhnya aspek pembiayaan untuk memenuhi segala kebutuhan anak angkat tersebut. Kata Kunci: Penelantaran Hak Asuh Anak Angkat Perspektif Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:35
Last Modified: 19 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item View Item