IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI (5-6 TAHUN) DI RAUDHATUL ATHFAL PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG

ATIKA, INTANIA PUTRI RAMADHANIA (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI (5-6 TAHUN) DI RAUDHATUL ATHFAL PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ATIKA INTANIA PUTRI RAMADHANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi layanan informasi dalam mencegah dampak negatif gadget terhadap anak usia dini usia (5-6 Tahun) di RA Permata Bunda Bandar Lampung. Pemberian layanan informasi orang tua di berikan informasi dari dampak-dampak gadget yang bertujuan untuk mencegah dari dampak negatif gadget tersebut, maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi layanan informasi dalam mencegah dampak negatif gadget terhadap anak usia dini (5-6) tahun di RA Permata Bunda Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research) dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apasaja yang ditemui di lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi analisis, data di analis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah terdapat tahapan-tahapan yang terjadi di dalam perencanaan pelaksanaan layanan informasi, Dalam perencaan layanan informasi terdapat tahap yakni identifikasi kebutuhan akan informasi bagi subyek peserta layanan, menentapkan materi informasi sebagai isi layanan, menetapkan subyek sasaran layanan, menentapkan narasumber, menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan, dan menyiapkan kelengkapan administrasi. Dan pada tahap pelaksanaan layanan informasi terdapat tiga tahap yakni mengorganisasikan kegiatan layanan, mengaktifkan peserta layanan, dan mengoptimalkan pengggunaan metode dan media dengan tahapan�tahapan yang tepat maka materi yang tersampaikan dapat diterima dengan baik oleh wali murid sehingga wali murid dapat mencegah terjadinya dampak negatif dari gadget kepada anak-anaknya sedari dini. Kata Kunci : Layanan Informasi, Dampak Negatif Gadget, Anak Usia Dini. iii ABSTRACK This study describes the implementation of information services in preventing the negative impact of gadgets on early childhood (5-6 years) at RA Permata Bunda Bandar Lampung. The provision of information services for parents is provided with information on the effects of gadgets that aim to prevent the negative impacts of these gadgets, so this study aims to describe the implementation of information services in preventing the negative effects of gadgets on early childhood (5-6) years in RA Gem of the Mother of Bandar Lampung. This research uses a type of qualitative descriptive approach, with the type of research is field research (Field Research) where researchers describe any phenomena encountered in the field. Data were collected through observation, interviews, and documentation analysis. The data were analyzed qualitatively by using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results obtained in this study, there are stages that occur in planning the implementation of information services. In planning information services, there are stages, namely identifying the need for information for service participant subjects, determining information material as service content, setting service target subjects, determine sources, prepare procedures, tools and service media, and prepare administrative completeness. And at the stage of implementing information services there are three stages, namely organizing service activities, activating service participants, and optimizing the use of methods and media with the right stages so that the material delivered can be well received by student guardians so that student guardians can prevent negative impacts from occurring. gadgets to their children from an early age. Keywords : Early Age Kids, Gadget Negative Effects, Information services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:28
Last Modified: 19 Jun 2023 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item View Item