PENGARUH TRANSPARANSI, PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK)109 TERHADAPKUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulang Bawang Barat Periode 2018-2022)

ALMA, NABILLA (2023) PENGARUH TRANSPARANSI, PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK)109 TERHADAPKUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulang Bawang Barat Periode 2018-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pada tahun 2022, BAZNAS TUBABA pertama kali melakukan audit laporan keuangan oleh KAP Independen dengan opini wajar tanpa pengecualian. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pengujian secara parsial dan simultan pada transparansi, pengendalian internal dan penerapan PSAK 109 berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh hasil uji parsial dan simultan pada transparansi, pengendalian internal dan penerapan PSAK 109 terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methods dengan pendekatan Concurent Embended (campuran tidak berimbang) yang dilakukan dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari staf bidang pengumpulan, pendistribusian dan penyajian di BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang Barat periode 2018-2022 yang berjumlah 20 orang dan 65 muzakki tahun 2022. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berbentuk teori – teori, jurnal dan studi pustaka. Untuk menganalisis data kuantitatif pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.2.9 dan SmartPLS 4. Hasil penelitian ini berdasarkan uji parsial diperoleh hasil transparansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan perolehan T hitung sebesar 3,132. Pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan perolehan T hitung sebesar 1,792. Penerapan PSAK 109 berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan perolehan T hitung sebesar 1,463. Sedangkan berdasarkan uji simultan transparansi, pengendalian internal dan penerapan PSAK 109 berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai R Square Adjusted sebesar 0,152 atau sebesar 15,2%. Kata kunci : Transparansi, Pengendalian Internal, Penerapan PSAK 109, Kualitas Laporan Keuangan, dan BAZNAS Kab. TUBABA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:00
Last Modified: 16 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item