TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH LAMPUNG BARAT NOMOR 15 TAHUN 2013 PASAL 10 TENTANG TERTIB MEMBUANG SAMPAH (Studi di Masyarakat Kabupaten Lampung Barat)

YOGA, RAHMADANI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH LAMPUNG BARAT NOMOR 15 TAHUN 2013 PASAL 10 TENTANG TERTIB MEMBUANG SAMPAH (Studi di Masyarakat Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA RAHMADANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah merupakan suatu hal yang selalu ada didalam kehidupan sehari-hari. Timbunan sampah juga diakibatkan oleh perilaku masyrakat dalam membuang sampah secara sembarangan. Dalam menghadapi masalah tersebut Pemerintah Daerah Lampung Barat melakukan upaya dan cara dalam mengatasi masalah sampah tersebut, Salah satunya dengan menetapkan Peraturan Daerah Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah. Tujuan dibentuknya Perda tersebut untuk mengatur masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat. Beberapa permasalahan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut, yaitu Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 di Masyarakat Lampung Barat dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah di Masyarakat dan untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu membuat deskriptif, gambaran, atau lukisan secara sistematis dan objektif mengenai fakta-fakta, sifat-sifat tentang bagaimana Pelaksanaan Perda Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (libarary research) berupa, Al-Quran, Hadist, peraturan perundangundangan, jurnal, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Data-data yang diambil sebagai rujukan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan deduktif. Hasil Dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Peraturan Daerah Lampung Barat Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tertib Membuang Sampah tidak berjalan efektif karena kurangnya kesadaran masyarakat dan partisipasi masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sehingga tidak terjadi penumpukan sampah, padahal sudah disediakan tempat pembuangan sampah di depan rumah masyrakat. Dan Masyarakat belum membuat tempat pembuangan sampah yang ada dibelakang rumah masing-masing ukuran 2m x 1m seperti yang dianjurkan pemerintah. Dalam Tinjauan Fiqh Siyasah Peraturan Daerah Lampung Barat Tentang Tertib Membuang Sampah sesuai dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:53
Last Modified: 16 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28623

Actions (login required)

View Item View Item