PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) BERBANTUAN MEDIA LAGU SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS III E MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Annisa, Fitri Nur Jannah (2023) PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) BERBANTUAN MEDIA LAGU SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS III E MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Annisa Fitri Nur Jannah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pengamatan di MIN 6 Bandar Lampung pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris , diketahui bahwa peserta didik masih kurang aktif dalam melakukan pengamatan dan percobaan disebabkan oleh metode belajar yang digunakan guru masih menggunakan metode konvensional/ceramah. Selain itu pembelajaran Bahasa Inggris yang berlangsung selama ini masih berpusat pada guru, dengan menggunakan metode yang membuat peserta didik kurang aktif, aktivitas guru masih sangat besar dibandingkan dengan aktivitas peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan guru yang hanya menulis pelajaran di papan lalu menerangkan. Sedangkan peserta didik lalai dengan aktivitasnya masing-masing tanpa memperhatikan apa yang diajarkan. Dari hasil pra penelitian hasil belajar Bahasa Inggris dari 30 peserta didik hanya 10 peserta didik yang tuntas sedangkan 20 peserta didik tidak tuntas. Presentase ketuntasan baru mencapai 33,33 % dan presentase tidak tuntas masih mencapai 66,66%. Oleh karena itu peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris kurang memahami dan merasa jenuh dengan apa yang diajarkan sehingga hasil pembelajaran tidak maksimal. Pendekatan yang di lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk memaknai hasil pengamatan yang berasal dari lembar observasi yang dalam penelitian ini pengamatan pada tindakan yang dilakukan guru dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik yang didapatkan melalui hasil tes kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Total Physical Response (TPR) Berbantuan Media Lagu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor hasil belajar belajar bahasa inggris peserta didik yang pada kondisi awal 33,33% dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode TPR berbantuan media lagu pada siklus I rata-rata skor hasil belajar peserta didik mencapai angka 56,,66% yang artinya terjadi peningkatan sebesar 20%. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru pada tahap penyampaian media lagu dengan memperluas materi agar peserta didik dapat mengetahui cakupan materi tersebut tidak hanya terpaku dengan apa yang terdapat di buku saja. Setelah perbaikan tersebut didapatkan peningkatan presentase sebesar 37% sehingga pada siklus II mencapai angka 93,33% dan masuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan TPR berbantuan media lagu memiliki pengaruh yang posistif dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Inggris dikelas III E MIN 6 Bandar Lampung. Kata kunci : Hasil Belajar, TPR, Media Lagu, Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:41
Last Modified: 15 Jun 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item