HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

YASINTA, SEPTIANA RIFA’I (2023) HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of YASINTA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan pesat disertai perkembangan jaringan internet yang hampir terhubung ke seluruh pelosok indonesia. Meningkatnya perkembangan teknologi mempunyai dampak positif tersendiri bagi siswa dalam memperoleh informasi untuk menambah pengetahuan mereka dalam hal belajar sertamencari hiburan. Salah satu hiburan yang dapat diakses menggunakan jaringan internet yaitu game online. Minat belajar adalah daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman. Penelitian ini merupakakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kolerasional. Kolerasional kata dasarnya korelasi. Menurut sudjiono dalam ilmu statistik istilah “kolerasi” diberi pengertian sebagai hubungan dan tingkat hubungan antar dua variabel atau lebih. Adanya hubungan dan tingkat variabel ini penting karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada, peneliti akan dapat mengembangkanya sesuai dengan tujuan penelitian. Batasan masalah pada penelitian ini hanya kepada siswa kelas IV dan apakah ada hubungan bermain Game Online dengan minat belajar pada siswa di SD Negeri Rejosari Natar Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Rejosari Natar Lampung Selatan. Dalam penelitian ini sebanyak siswa yang menjadisampel penelitian. Berdasarkan analisis menggunakan uji korelasi yang dilakukan, hasil penelitiandiketahui bahwa responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah responden, dengan dilakukanya penyebaran angket terdapat distribusi acuan normal yaitu atau responden memilih sangat setuju dan , atau responden memilih setuju, atau responden memilih tidak setuju dan atau responden memilih sangat tidak setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara game online dengan minat belajar siswa kelas IVSD Negeri Rejosari Natar iv Lampung Selatan. Menggambarkan bahwa hubungan game online dengan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Rejosari Natar Lampung Selatan memiliki hubungan sedang. Hal ini bermakna hubungan dari kedua variabel X Game Online dan Y Minat Belajar yang dimiliki siswa berada pada kisaran rerata atau tidak rendah dan tidak tinggi pula sehingga masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Hubungan Bermain Game Online, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:13
Last Modified: 15 Jun 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item