PENGARUH PACKAGING DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SUSU INDOMILK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Produk Susu Indomilk Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda)

Raam, Al Damak (2023) PENGARUH PACKAGING DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SUSU INDOMILK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Produk Susu Indomilk Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RAAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya produk yang ditemui di pasaran, membuat konsumen lebih selektif dalam memilih produk. Timbulnya minat beli produk bukan hal yang terjadi begitu saja, berbagai aspek dipertimbangkan dalam membeli produk. Produsen perlu memikirkan pembeda produknya dengan produk sejenis. Packaging selain untuk melindungi produk juga berperan menarik perhatian konsumen. Konsumen akan lebih tertarik dengan packaging yang terlihat baik dan berfikir produk dengan packaging yang baik, kualitasnya juga baik. Citarasa produk cukup diperhitungkan, produsen harus menciptakan cita rasa yang khas, agar dikenal oleh konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah packaging dan citarasa berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat beli dan bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh packaging dan cita rasa terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan dan bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 96 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kombinasi metode sampling accidental dan purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 29. Hasil penelitian yaitu packaging (X1) dan cita rasa (X2) baik secara simultan maupun parsial, memiliki pengaruh terhadap minat beli (Y) konsumen produk susu Indomilk di Kelurahan Way Urang. Islam mengutamakan kejujuran dalam bertransaksi, informasi yang tertera pada packaging harus disampaikan dengan jujur, karena hal tersebut dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Cita rasa dalam Islam tidak hanya soal rasa yang enak tapi juga tentang terbebasnya produk dari hal-hal yang dilarang dalam Islam. Kata Kunci: Packaging Produk Susu Indomilk, Cita Rasa Produk Susu Indomilk, Minat Beli Produk Susu Indomilk iii ABSTRACT The number of products found on the market makes consumers more selective in choosing products. The emergence of interest in buying a product is not something that just happens; various aspects are considered when buying a product. Producers need to think about differentiating their products from similar ones. Packaging, in addition to protecting the product, also plays a role in attracting the attention of consumers. Consumers will be more interested in packaging that looks good and think that products with good packaging are of good quality. The taste of the product is very much taken into account; producers must create a distinctive taste so that it is recognized by consumers. The formulation of the problem in this research is whether packaging and taste influence purchase intention partially or simultaneously, and what is the Islamic view on this matter? This study aims to determine the effect of packaging and taste on purchase intention, both partially and simultaneously, and what the Islamic view is on this matter. This study used a quantitative research type, using primary data obtained from distributing questionnaires to 96 respondents with a sampling technique using a combination of accidental sampling and purposive sampling. Analysis of research data using multiple linear regression analysis using the SPSS version 29. Program the results of the study, namely packaging (X1) and taste (X2), both simultaneously and partially, have an influence on the buying interest (Y) of consumers of Indomilk milk products in Way Urang Village. Islam prioritizes honesty in transactions; the information printed on the packaging must be conveyed honestly because this is used as material for consideration. Taste in Islam is not only about good taste but also about product freedom from things that are prohibited in Islam. Keywords: Packaging of Indomilk Dairy Products, Taste of Indomilk Dairy Products, Interest in Buying Indomilk Dairy Product

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:07
Last Modified: 15 Jun 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28612

Actions (login required)

View Item View Item