PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

SAHRUL, SYAH (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAHRUL SYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan keterampilan belajar peserta didik. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti di dapat 4 peserta didik yang mengalami masalah belajar. Di dalam penelitian ini secara umum proses yag digunakan adalah identifikasi kasus, identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi atau follow up dan teknik yang digunakan pelaksanaan layanan konseling individu dan konseling kelompok. Fokus penelitian yaitu untuk melihat bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan keterampilan belajar peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung dan sub fokus dalam penelitian ini adalah melihat gambaran masalah keterampilan keterampilan belajar peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 peserta didik SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini menunjukkan dimana konseli merasa senang dapat menyelesaikan permasalahan mereka melalui layanan bimbingan belajar. Data primer dan sekunder pelaksanaan penelitian kemudian di analisis. Hasil penelitian menunjukkan dimana peserta didik merasa senang dapat menyelesaikan permasalahan belajar. Keseluruhan peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan perkembangan diri yang positif dan mendapat hasil yang memuaskan. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Keterampilan Belajar iii ABSTRACT The aim of this research is to describe the implementing of course service toward developing student's learning creativity. The researcher found that there are four students who still struggling in the learning process. Generally, in this research was conducted by using special identification, problem identification, diagnosis, prognosis, treatment, evaluation or follow up, the technique of this research in the implementing counseling service were individual and group counseling. Focus of this research is to know how the course service implementation toward developing students creativity in learning at SMA Negeri 15 Bandar Lampung, and sub focus of this research is to know the problems of students creativity in learning at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. This research was conducted by using Qualitative Research Design including case study. Subjects of this research were four students of SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Moreover, subject of this research show the good feel when the students can finish their problems through course services. Primary data and secondary data of this research were collected and being analysis by the researcher. Results of this research show the students feel good because they can finish their problem in learning. All of the students in this research show a positif development and obtain a satisfying result. Keyword : Course, Learning Creativity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:35
Last Modified: 15 Jun 2023 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28611

Actions (login required)

View Item View Item