PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Jubaidah, Eni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik semester ganjil kelas VIII A SMP Negeri 1 Pulau Panggung pada hari senin 9 Januari 2017, menunjukkan bahwa terdapat peserta didik yang tidak mencapai KKM. Penyebab hal ini adalah peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas, kurangnya tuntutan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari, dan kemandiriran belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan Hands On Activity terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kemandirian belajar peserta didiik kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Panggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Panggung dengan jumlah populasi 256 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kontekstual berbantuan Hands On Activity, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa, kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan perlakuan model pembelajaran kontekstual berbantuan Hands On Activity lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan model pembelajaran kontekstual maupun model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar sedang maupun rendah. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang memiliki kemandirian belajar sedang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. Dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kategori kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual berbantuan Hands On Activity, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Metode Ceramah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:16
Last Modified: 08 Jan 2018 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item