STRATEGI DAN IMPLEMENTASI EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Kue & Roti Yussy Akmal Bandar Lampung)

Kharasia, Fatra Pertiwi (2023) STRATEGI DAN IMPLEMENTASI EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Kue & Roti Yussy Akmal Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,2,5, LAMPIRAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya teknologi di era globalisasi menjadi tantangan sekaligus peluang usaha yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha, ditambah dengan masuknya wabah Covid-19 ke Indonesia menjadikan banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan bahkan gulung tikar akibat penurunan belanja konsumen. Sebagai pelaku usaha yang mengalami dampak langsung dari adanya pandemi covid-19 dan perkembangan teknologi Toko Kue & Roti Yussy Akmal harus memiliki startegi untuk tetap bertahan ditengah ancaman yang ada. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi dan implementasi ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pasca pandemi covid�19 dan bagaimana strategi dan implementasi ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pasca pandemi covid-19 berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implementasi ekonomi digital yang dilakukan oleh Toko Kue & Roti Yussy Akmal serta untuk mengetahui strategi dan implementasi ekonomi digital berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research dan termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Kue & Roti Yussy Akmal sudah mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih berupa penggunaan implementasi ekonomi digital dalam kegiatan bisnisnya. Implementasi ekonomi digital pasca pandemi sudah berperan namun belum secara signifikan terhadap tingkat pendapatan namun sangat berperan dibidang pemasaran atau promosi. Hadirnya berbagai macam kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi Toko Kue & Roti Yussy Akmal dalam menjalankan usahanya, yang membawa peluang besar terhadap peningkatan pendapatan. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam, Toko Kue & Roti Yussy Akmal dalam strategi pemasarannya sudah berprinsip pada ajaran ekonomi Islam, karena tidak mengandung unsur gharar, masyir dan penipuan Kata Kunci : Strategi, Ekonomi Digital, Ekonomi Islam, Covid-19 iii ABSTRACT The development of technology in the era of globalization is a challenge as well as a business opportunity that must be faced by business actors, coupled with the entry of the Covid-19 outbreak into Indonesia, many business actors have experienced a decline in income and even went out of business due to a decrease in consumer spending. As a business actor who has experienced a direct impact from the Covid�19 pandemic and technological developments, Yussy Akmal's Cake & Bakery must have a strategy to survive amidst the threats. The formulation of the problem in this research is how to strategy and implement the digital economy in increasing income after the Covid-19 pandemic and how to strategy and implement the digital economy in increasing income after the Covid-19 pandemic based on an Islamic economic perspective. This study aims to determine the strategy and implementation of the digital economy carried out by Yussy Akmal Cake & Bakery and to determine the strategy and implementation of the digital economy based on an Islamic economic perspective. This type of research is field research and is included in qualitative descriptive research using primary and secondary data. The data collection technique used is the method of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that Yussy Akmal Cake & Bakery has kept up with the times by utilizing increasingly sophisticated technology in the form of using digital economy implementation in its business activities. The implementation of the post-pandemic digital economy has played a role but has not significantly affected the level of income but has played a very important role in the field of marketing or promotion. The presence of various kinds of technological advances makes it easy for Yussy Akmal Cake & Bakery to run their business, which brings great opportunities to increase revenue. Based on an Islamic economic perspective, Yussy Akmal Cake & Bakery in its marketing strategy is principled on the teachings of Islamic economics, because it does not contain elements of gharar, masyir and fraud Keywords: Strategy, Digital Economy, Islamic Economics, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:27
Last Modified: 15 Jun 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item