ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI POLISI KHUSUS PEMASYARAKATAN DALAM MENCEGAH PERKELAHIAN ANTAR SESAMA WARGA BINAAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara)

NUR, ROHMAN (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI POLISI KHUSUS PEMASYARAKATAN DALAM MENCEGAH PERKELAHIAN ANTAR SESAMA WARGA BINAAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NUR ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Polisi Khusus Pemasyarakatan merupakan sebuah Korps Polisi Khusus di bawah Kementerian Hukum dan HAM yang bertugas melakukan tanggung jawab dalam pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2012 bahwa Polisi Khusus Pemasyarakatan berfungsi untuk melaksanakan fungsi kepolisian khusus dan terbatas dalam rangka penegakan peraturan perundang�undangan di bidang masing-masing. Lembaga pemasyarakatan merupakan tempat yang menjalankan fungsi pembinaan terhadap narapidana. Namun Lapas masih belum bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap warga binaan, perkelahian, persaingan ataupun perselisihan antar sesama warga binaan masih sering terjadi di Lembaga Pemasyarakatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama Bagaimana strategi Polisi Khusus Pemasyarakan dalam mencegah perkelahian antar sesama warga binaan di Lembaga pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara? dan yang kedua Bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap strategi polisi khusus pemasyarakatan dalam mencegah perkelahian antar sesama warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara? tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana strategi Polisi Khusus Pemasyarakan dalam mencegah perkelahian antar sesama warga binaan di Lembaga pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara dan Bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap strategi polisi khusus pemasyarakatan dalam mencegah perkelahian antar sesama warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Lampung Utara. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Reseach), dengan metode kualitatif yang deskriptif analisis yaitu peneitian yang menguraikan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi Polisi Khusus Pemasyarakatan dalam mencegah perkelahian antar sesama warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi telah terlaksana dengan baik. Dengan adanya beberapa strategi pencegahan seperti melakukan pembinaan terhadap warga binaan, melakukan kontrol ke blok-blok hunian setiap harinya, melakukan salam pemasyarakatan atau mendengarkan setiap keluhan yang dirasakan warga binaan, melakukan razia handphone maupun senjata tajam di kamar hunian iii setiap harinya, dan melakukan kerjasama dengan polri terbukti dapat mengatasi perkelahian yang sering terjadi. Kemudian berdasarkan analisis fiqh siyasah tanfidziyah mengenai strategi Polisi Khusus Pemasyarakatan dalam mecegah perkelahian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi telah sesuai dengan ajaran Islam yaitu dengan mengarahkan warga binaan kepada kebaikan dan mencegah dari berbagai macam kemungkaran dapat menciptakan kemaslahatan umat manusia baik secara individu maupun kolektif. Kata Kunci : Polisi Khusus Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:26
Last Modified: 15 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28606

Actions (login required)

View Item View Item