TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENENTUAN UPAH SOPIR ANTAR JEMPUT PENCERAMAH (Studi Pada Gerakan Mubaligh Islam Bandar Lampung)

Ridwan, Aji Sanjaya (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENENTUAN UPAH SOPIR ANTAR JEMPUT PENCERAMAH (Studi Pada Gerakan Mubaligh Islam Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Ridwan Aji Sanjaya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Aspek muamalah khususnya dalam Ijarah, dalam perjanjian pengupahan dua belah pihak diperintahkan untuk bersikap jujur dan adil dalam semua urusan mereka, sehingga tidak terjadi tindakan aniaya terhadap orang lain serta tidak merugikan kepentingan sendiri, syariat Islam sebagai salah satu hukum yang memiliki aturan untuk seluruh kehidupan manusia, sifatnya yang dinamis, fleksibel dan universal serta ketentuannya pun tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga mampu memenuhi dan melindungi kepentingan manusia disetiap saat dan dimanapun. Adapun rumusan masalah bagaimanakah tinjauan hukum Islam tentang sistem pembayaran upah sopir antar jemput penceramah pada Gerakan Muballigh Islam Bandar Lampung. Bagaimanakah model akad upah sopir antar jemput penceramah pada Gerakan Muballigh Islam Bandar Lampung. Bagaimanakah sistem penetapan besaran upah sopir antar jemput penceramah Gerakan Muballigh Islam Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau kalangan, sifat yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif normatif, menggunakan data primer dan data sekunder, maka untuk teknik pengumpulan data diperlukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa penentuan upah sopir antar jemput penceramah dalam Gerakan Muballigh Islam Bandar Lampung tidak sesuai dengan perjanjian awal dimana upah yang diberikan tetap sama sedangkan jarak tempuh berbeda selain itu waktu juga disesuaikan dengan kebutuhan Gerakan Muballigh Islam itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:13
Last Modified: 15 Jun 2023 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item