Pengaruh Emisi Kendaraan Bermotor Terhadap Luas Daun danIndeks Stomata Pada Daun Pterocarpus indicus Willd Sebagai Tanaman Pelindung Di Jalan Teuku Umar dan Jalan Endro Suratmin Bandar Lampung (Sebagai Sumber belajar untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Peserta Didik SMA Kelas XII Semester Ganjil Pada Materi Fotosintesis )

Liani , Febrianita (2017) Pengaruh Emisi Kendaraan Bermotor Terhadap Luas Daun danIndeks Stomata Pada Daun Pterocarpus indicus Willd Sebagai Tanaman Pelindung Di Jalan Teuku Umar dan Jalan Endro Suratmin Bandar Lampung (Sebagai Sumber belajar untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Peserta Didik SMA Kelas XII Semester Ganjil Pada Materi Fotosintesis ). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Emisi kendaraan adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin kendaraan yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin, sedangkan proses pembakaran adalah reaksi kimia antara oksigen di dalam udara dengan senyawa hidrokarbon di dalam bahan bakar untuk menghasilkan tenaga. Emisi kendaraan merupakan sumber pencemaran udara paling utama yang berasal dari transfortasi yaitu kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emisi kendaraan bermotor dan perbedaan luas daun serta indeks stomata pada daun Pterocarpus indicus Willd sebagai tanaman pelindung di Jalan Teuku Umar dan Jalan Endro Suratmin Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan metode ex-postfacto dengan pendekatan laboratorik. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil daun pada tanaman Pterocarpus Indicus Willd yang terletak di 3 lokasi Jalan Teuku Umar dan 3 lokasi Jalan Endro Suratmin Bandar Lampung, kemudian dibawa ke laboratorium Biologi IAIN Raden Intan Lampung untuk diteliti luas daun dan indeks stomata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas daun Pterocarpus Indicus Willd di Kota Bandar Lampung untuk Jalan Teuku Umar lokasi 1 sebesar 32,144 cm2, dengan indeks stomata sebesar 7,27, lokasi 2 sebesar 41,018 cm2 dengan indeks stomata sebesar 6,71, lokasi 3 sebesar 30,050 cm2 dengan indeks stomata 6,86. Sedangkan pada Jalan Endro Suratmin lokasi 1 sebesar 41,742 cm2 dengan indeks stomata 10,28, lokasi 2 sebesar 22,074 cm2 dengan indeks stomata sebesar 9,27, lokasi 3 sebesar 31,048 cm2 dengan indeks stomata sebesar 9,59. Pengaruh emisi kendaraan menyebabkan jenis tanaman Pterocarpus Indicus Willd memiliki penurunan luas daun dan peningkatan indeks stomata.Semakin tinggi indeks stomata maka kualitas udara semakin tercemar, sebaliknya semakin rendah indeks stomata maka kualitas udara semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:30
Last Modified: 07 Mar 2017 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item