Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Peternak Sapi dalam Menjadi Anggota KPT Maju Sejahtera Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan

AYUNI, TIAS WULANDARI (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Peternak Sapi dalam Menjadi Anggota KPT Maju Sejahtera Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+BAB 5&DAPUS.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Pantai Kerang Mas merupakan pantai yang pertama kali dibuka untuk dijadikan sebagai objek wisata dikawasan Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Dengan adanya Pantai Kerang Mas sebagai objek wisata memberi dampak peningkatan perekonomian untuk masyarakat. Sebab dengan adanya objek wisata ini membuka peluang usaha baru bagi masyarakat, dan menyerap tenaga kerja untuk masyarakat. Namun dalam pengelolaannya belum dilakukan secara maksimal sehingga dalam penelitian ini merupakan penelitian yang memberikan penawaran serta solusi strategi yang dapat menunjang kemajuan dan memaksimalkan potensi pengembangan dari objek wisata Pantai Kerang Mas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana strategi pengembangan objek wisata Pantai Kerang Mas berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat? Bagaimana strategi pengembangan objek wisata Pantai Kerang Mas berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat jika ditinjau dalam perspektif ekonomi islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Dan dengan metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis tentang strategi pengembangan Pantai Kerang Mas berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan tinjauan perspektif ekonomi islam dalam hal tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan Pantai Kerang Mas diresmikan sebagai objek wisata masyarakat mengalami peningkatan dalam perekonomiannya sebesar 20%-30% sedangkan yang menjadi pelaku usaha disekitar pantai mengalami kenaikan sebesar 10%-15%. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum sesuai dengan tujuan dari konsep Maqhasid Syariah dan tujuan ekonomi islam yaitu kemaslahatan maka kemaslahatan dari adanya objek wisata ini juga belum tercapai karena pengelolaan yang masih cenderung konvensional, keuntungan pribadi, dan belum meratanya peningkatan perekonomian untuk seluruh masyarakat Desa Muara Gading Mas Kata Kunci : Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Perekonomian Masyarakat, Perspektif Ekonomi Islam iv ABSTRACT Kerang Mas Beach is the first beach to be opened as a tourist attraction in Labuhan Maringgai District, East Lampung Regency. The existence of Kerang Mas Beach as a tourist attraction has an impact on increasing the economy for the community. Because the existence of this tourist attraction opens up new business opportunities for the community, and absorbs labor for the community. However, the management has not been carried out optimally so that this research is research that provides offers and strategic solutions that can support progress and maximize the development potential of the Kerang Mas Beach tourist attraction. The formulation of the problem in this study is: What is the strategy for developing the Kerang Mas Beach tourism object based on the creative economy in improving the community's economy? How is the creative economy-based development strategy for the Kerang Mas Beach tourism object in improving the community's economy when viewed from an Islamic economic perspective? This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature with data collection methods namely observation, interviews, distribution of questionnaires, and documentation. And with the method of data analysis using SWOT analysis. The purpose of this study is to analyze the creative economy-based development strategy for Pantai Kerang Mas in improving the community's economy and reviewing Islamic economic perspectives in this regard. The results of the study show that when Kerang Mas Beach was inaugurated as a tourist attraction, the community experienced an increase in their economy by 20% -30%, while those who became business actors around the coast experienced an increase of 10% - 15%. And the results of this study indicate that it is not in accordance with the objectives of the Maqhasid Syariah concept and Islamic economic goals, namely benefit, the benefit from the existence of this tourist attraction has also not been achieved because management still tends to be conventional, personal gain, and uneven economic improvement for all the people of Muara Village. Ivory Mas Keywords: Tourism, Creative Economy, Community Economy, Islamic Economic Perspective

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:14
Last Modified: 13 Jun 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item