PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE PEMBIASAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA II-26 BANDAR LAMPUNG

AYU, PURBAYANTI (2023) PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE PEMBIASAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA II-26 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitin ini dilatarbelakangi ini oleh permasalahan social emosional anak. sebagaimana di TK Kartika II-26 Bandar Lampung peserta didiknya menunjukkan bawah masih kurang dalam mengekspesikan apa yang dirasakan, mengontrol emosinya dan berintraksi social. Oleh sebab itu perlunya upaya guru untuk membiasakan peseta didik mengekspesikan apa yang dirasakan, mengontrol emosinya dan berintraksi sosia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan social emosional melalui metode pembiasaan anak di TK Kartika II-26 Bandar Lampung. Adapun metedote yang digunakan pendekatakn diskriptif kualitatif. Subjek Primer meliputi anak dan subjek sekunder meliputi guru. Cara pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian untuk penulis menganalisis hasil penelitian penulis melakukan penarikan kesimupulan dengan cara berfikir induktif/deduktif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pengembangan sosial emosional melalui metode pembiaaan di TK Kartika II-26 Bandar Lampung Dilihat dari hasil observasi yang telah dilakukan terdapat 1 anak mendapatkan presentase yang di peroleh sebesar 10% termasuk kategori cukup, lalu terdapat 4 anak mendapatkan presentase 40% termasuk kategori baik dan 5 anak mendapatkan presentase 50% termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Sosial Emosional, Metode Pembiasaan iv ABSTRAK This research is motivated by social emotional problems of children. As in TK Kartika II-26 Bandar Lampung, the students showed that they were still lacking in expressing what they felt, controlling their emotions and interacting socially. Therefore the need for teacher efforts to train students to express what is felt, control their emotions and interact socially. The purpose of this research is to find out how the social emotional development through the method of habituation of children in Kindergarten Kartika II-26 Bandar Lampung. The method used is a qualitative descriptive approach. Primary subjects include children and secondary subjects include teachers. The method of collecting data that the writer uses is observation, interviews, documentation, then for the writer to analyze the results of the research the writer draws conclusions by means of inductive/deductive thinking. The results of the study show that, social emotional development through the coaching method in Kartika II-26 Kindergarten Bandar Lampung. Judging from the observations that have been made, there is 1 child who gets a percentage of 10% which is included in the sufficient category, then there are 4 children who get a percentage of 40% including good category and 5 children get a percentage of 50% included in the very good category. Keywords: Social Emotional, Habituation Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:23
Last Modified: 13 Jun 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28580

Actions (login required)

View Item View Item