PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA OLAH TUBUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RIDHO WAY KANAN

ALFIANA, MIFTAHUL JANAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA OLAH TUBUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RIDHO WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ALFIANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sentra olah tubuh sentra bermain yang memberikan kesempatan dan pengalaman kepada anak untuk mengembangkan kecerdasan badan-kinestetik melalui gerakan motorik kasar. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya sosial emosional yaitu metode yang digunakan guru kurang inovatif, permainan yang biasa digunakan pun kurang menarik sehingga masih ada anak yang diam tidak mau mengikuti pembelajaran, bermain secara sendiri-sendiri, bermain dengan kelompok tertentu saja, anak tidak dapat berkerjasama dengan teman yang lain atau pemilih akibatnya tidak ada interaksi ataupun kerjasama antara anak satu dengan yang lainnya secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra olah tubuh terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Ar-Ridho Way Kanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen semu (Quasy Experimen Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Islam Ar-Ridho Way Kanan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji Homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini dengan menerapkan model pembelajaran sentra olah tubuh pengajuan hipotesis memperoleh nilai sig ( -tailed) sebesar < dari yang memiliki nilai lebih kecil dari α sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran sentra olah tubuh terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Ar-Ridho Way Kanan. Kata Kunci : sosial emosional, model pembelajaran sentra olah tubuh iv ABSTRACT Sports center are play center that provides opportunities and experiences for children to develop bodily-kinesthetic intelligence through gross motor movements. one of the factors that cause a lack of social emotionality is that the method used by the teacher is less innovative, the games that are usually used are not interesting so that there are still children who are silent, do not want to take part in learning, play alone, only play with certain groups, children cannot work together. With other friends or voters as a result there is no interaction or cooperation between on child and another as a whole. The puepose of this study was to determine the effect of the sports center learning model on the social emotional development of early childhood in Ar-Ridho Way Kanan Islamic Kindergerten. This research is a quantitative method using quasi�experimental designs (Quasy Experiment Design). The population in this study were all students of Ar-Ridho Way Kanan Islamic Kindergerten. The sampling technique was carried out using the Cluster Random Sampling technique. The sample in this study were students in clas B as the exsperimental class and class B as the control class. Data collection techniques are observation and documentation. Data analysis techniques in this study use the t-tes to answer the hypothesis. Normality test using the Kolmogorov smirnov formula to find out whether the data is normally distributed or not. Then a homogeneity tes was carried out to find out whether the data was homogeneous or not by using the Kolmogorov smirnov formula. The results of this study indicate that there is an influence on interpersonal intelligence of early childhood by applying the sport center learning model for submitting a hypothesis obtaining a sig ( - tailed) value of < which has a value smaller that α, so it can be concluded that it is rejected nd accepted, which means that there is an influence of the sports center learning model on the social emotional development of early childhood in the Ar-Ridho Way Kanan Islamic Kindergarten. Keywords : emotional social, body exercise center learning model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:15
Last Modified: 13 Jun 2023 06:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item