HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 5 JATIMULYO

SITI, JULEHA (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 5 JATIMULYO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN BAB 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI JULEHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan untuk memperoleh data awal kompetensi pedagogik. Pada saat pembelajaran berlangsung guru memberikan kesempatan belajar yang sama pada seluruh peserta didik dan melakukan supervisi dengan cara berkeliling untuk memastikan peserta didik paham atau tidak mengenai materi yang sedang dipelajari. penggunaan media berfokus pada buku pembelajaran dan gambar yang terdapat pada ruang kelas. Pada data awal motivasi belajar masih cukup rendah terlihat pada saat proses pembelajaran peserta didik masih menunda mengerjakan tugas, mendiskusikan tugas yang seharusnya dikerjakan secara mandiri. Pada data awal berpikir kritis yang peneliti dapatkan melalui tes, peneliti mendapatkan data awal masih kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis dikarnakan terdapat peserta didik yang nilai nya dibawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Jatimulyo pada semester ganjil. Populasi pada penelitian ini 77 peserta didik dan 10 pendidik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi pada penelitian ini menggunakan uji pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment dan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar dengan nilai Sig. 0,003 < 0,005 dan nilai pearson correlation positif 0,339; adapun hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan berpikir kritis dengan nilai Sig. 0,001 < 0,005 dan nilai pearson correlation positif 0,360; adapun terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar dan berpikir kritis pada peserta didik kelas V di SD Negeri 5 Jatimulyo diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki hubungan yang signifikan, dan diperoleh nilai Fhitung 11.389. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis. iii ABSTRACT This research is motivated by the results of interviews and observations that researchers conducted to obtain preliminary data on pedagogical competence. During the learning process, the teacher provides equal learning opportunities to all students and supervises by going around to make sure students understand or not about the material being studied. the use of media focuses on learning books and pictures found in the classroom. In the initial data, learning motivation is still quite low, seen during the learning process students still delay doing assignments, discussing assignments that should be done independently. In the initial data on critical thinking that researchers get through tests, researchers get initial data that critical thinking skills are still less than optimal because there are students whose scores are below the minimum completion criteria. This research uses quantitative research methods. This research was conducted at SD Negeri 5 Jatimulyo in the odd semester. The population in this study were 77 students and 10 educators. Data collection techniques in this study were questionnaires, tests, observations, interviews, and documentation. The validation test in this study used the Pearson product moment test and the reliability test used Cronbach alpha. Hypothesis testing in this study used the MANOVA test. The results of this research indicate that there is a positive and significant relationship between pedagogical competence with learning motivation with a Sig. value of 0.003 <0.005 and a positive Pearson correlation value of 0.339; and there is a positive and significant relationship between pedagogical competence with critical thinking with a Sig. value of 0.001 <0.005 and a positive Pearson correlation value of 0.360; and there is a positive and significant relationship between pedagogical competence with learning motivation and critical thinking in grade V students at SD Negeri 5 Jatimulyo with a Sig. value of 0.000 <0.05 which means it has a significant relationship, and obtained an F-value of 11.389. Keywords: Pedagogical Competence, Learning Motivation, Critical Thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:54
Last Modified: 13 Jun 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item