PENGARUH NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP IMPLEMENTASI KODE ETIK PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Indah, Silvia (2023) PENGARUH NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP IMPLEMENTASI KODE ETIK PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH SILVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai pengaruh nilai-nilai keislaman terhadap implementasi kode etik pustakawan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara nilai-nilai keislaman terhadap kode etik pustakawan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data melalui kuesioner/angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan beberapa uji diantaranya uji normalitas, uji linieritas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis t. Analisis data menggunakan statistik uji Product Moment Pearson dengan bantuan program statistic SPSS V.22 dengan dua variabel penelitian yaitu variabel nilai�nilai keislaman (X) dan variabel kode etik pustakawan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai-nilai keislaman terhadap kode etik pustakawan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, dengan hasil nilai koefisien regresi sebesar 0,0440 dari uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis (Ha) terbukti dengan nilai r tabel 0,482 lebih kecil dari r hitung 0,614, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y. Tingkat pengaruh antara variabel X dan variabel Y ialah sebesar 37,7%. Dengan kata lain, besar pengaruh yang diberikan oleh variabel nilai-nilai keislaman terhadap kode etik pustakawan ialah sebesar 37,7%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Nilai-Nilai Keislaman, Kode Etik Pustakawan, Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:46
Last Modified: 13 Jun 2023 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item