KONSELING SUFISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP PADA SEORANG PASIEN STROKE (Studi Eksperimen di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur)

Endah, Trianavi (2023) KONSELING SUFISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP PADA SEORANG PASIEN STROKE (Studi Eksperimen di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BA 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penyakit stroke menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi kedua di dunia pada tahun 2015 dan penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada tahun 2014. Stroke merupakan kerusakan otak yang muncul mendadak, progresif, dan cepat akibat ganguan peredaran darah otak non traumatik. Spiritualitas pada penderita stroke berfokus pada penerimaan diri atas sakitnya. Motivasi spiritual dengan memberikan penguatan dan dukungan untuk mempunyai harapan kesembuhan, dimana harapan sebagai bentuk bagian dukungan sosial. Kehidupan ini tentunya manusia berkeinginan selalu hidupnya sehat dan tercukupi segalanya. Berdasarkan pernyataan teoritis dan data lapangan, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana gambaran proses pelaksanaan konseling sufistik untuk meningkatkan motivasi hidup pada seorang pasien stroke dan meneliti bagaimana gambaran motivasi hidup pasien stroke setelah diberikan penerapan konseling sufistik di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan atau field research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang menggunakan teknik snowball sampling dalam penelitian ini merupakan informan NS, istri informan NS, dan ketiga anak informan NS. Sedangkan sumber data sekunder menggunakan jurnal, artikel, buku-buku, internet, catatan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian telah peneliti lakukan, diperoleh hasil: (1) proses pelaksanaan konseling sufistik untuk meningkatkan motivasi hidup pada seorang pasien stroke di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Takhalli, Tahalli, dan Tajalli. (2) Terdapat peningkatan motivasi hidup pada pasien stroke yang dalam penelitian ini adalah informan NS setelah diberikannya konseling sufistik yaitu dilihat dari hasil pertemuan-pertemuan informan NS yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan kondisi membaik secara bertahap. (3) Adanya peningkatan kondisi fisiologis informan NS seperi sudah mulai bisa berjalan, dapat duduk dan makan sendiri serta melakukan aktifitas ringan. Sedangkan untuk kondisi psikologis informan NS sudah dapat merasakan ketenangan dan semangat untuk sembuh dari penyakit strokenya. Kata kunci: Stroke, Sufistik, Motivasi, Informan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:27
Last Modified: 13 Jun 2023 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28570

Actions (login required)

View Item View Item