BAGAIMANA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PEMBENTUKAN AKHLAK DI MA AL�KHAIRIYAH WAYLAHU TENGKUJUH KALIANDA LAMPUNG SELATAN

RAUDHATUL, FADHILAH (2023) BAGAIMANA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PEMBENTUKAN AKHLAK DI MA AL�KHAIRIYAH WAYLAHU TENGKUJUH KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidik memiliki peran penting, selain keluarga yang utama, dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Masih ada peserta didik yang tidak mengikuti aturan, kurang disiplin, dan tidak memiliki sopan santun terhadap guru serta melawan guru dan masih ada beberapa peserta didik yang bisa dikatakan belum menerapkan akhlak yang baik. Berdasarkan uraian diatas Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Internalisasi Nilai�nilai Pendidikan Akhlak di MA Al-Khairiyah Waylahu Tengkujuh Kalianda Lampung Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana tahap�tahap internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak pada peserta didik di MA Al-Khairiyah Waylahu Tengkujuh Kalianda Lampung Selatan. Manfaat penelitian untuk menambah pengetahuan bagi perkembangan ilmu dalam bidang pendidikan agama islam di sekolah, agar dapat membantu menumbuhkan serta meningkatkan kualitas akhlak peserta didik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi sumber data. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru dan peserta didik. Dari Hasi penelitian ini adalah pembelajaran Aqidah Akhlak itu sendiri masih sangat kurang karena peserta didik hanya mempelajarinya saja dan masih terbatas pada aspek kognitifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dilakukan melalui beberapa proses yaitu, pertama melalui nasehat, pembiasaan dan kegiatan keagamaan. Kedua melalui keteladanan seperti berjabat tangan ketika bertemu guru, dan menjaga kedisiplinan. Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak terlihat dari masih lemahnya karakter islami peserta didik baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat/rumah seperti kesadaran dalam keimanan dan ketaqwaan, amanah, jujur, tanggung jawab, sopan dalam bersikap, dan santun dalam bertutur kata karena peserta didik hanya mempelajari saja, dan masih terbatas pada aspek kognitif. Salah satunya buku cetak yang diperlukan siswa tidak sepenuhnya mereka dapatkan hanya teori saja ketika guru menjelaskan di depan dan fasilitas sekolah pun masih kurang mendukung proses belajar mengajar di sekolah tesebut. Mereka membutuhkan pendidikan dalam proses menuju kedewasaannya. Karena pada tahap ini sekolah menengah atas baik pendidik ataupun peserta didik sudah seharusnya bisa menerapakan pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai akhlak, Pendidikan Akhlak dan Pembentukan Akhlak iii ABSTRACT Educators have an important role, besides the main family, in instilling moral values in students. There are still students who don’t follow the rules, lack discipline, and don’t have courtesy towards teachers and against teachers and there are still some students who can be said to have not applied good morals. Based on the description above, the problem formulation in this study is the Internalization of Moral Education Values at MA Al-Khairiyah Waylahu Tengkujuh Kalianda, South Lampung. The aim of the study was to find out the internalization of moral education values and what factors hindered and supported the process of internalizing moral education values for students at MA Al-Khairiyah Waylahu Tengkujuh Kalianda, South Lampung. The benefits of research are to increase knowledge for the development of knowledge in the field of Islamic religious education in schools, so that I can help grow and improve the moral quality of students. In this study, researchers used descriptive research and field research with data collection tools used were observation, interviews, and documentation. Researchers use primary data sources and secondary data sources. While the data analysis technique used is data reduction, data presentation, then drawing conclusions. Next, testing the validity of the data by means of triangulation of data sources. The subjects of this study were school principals, teachers and students. From the results of this study, learning Aqidah Akhlak itself is still lacking because students only study it and are still limited to the cognitive aspect. The results of this study indicate that the process of internalixing the values of moral education is carried out through several processes, namely, first through advice, habituation and religious activites. Second, by exemplary, such as shaking hands when meeting teachers, and maintaining discipline. The implication of internalizing the values of moral education can be seen from the still weak Islamic character of students both in the school environment and the community/home such as awareness in faith and piety, trustworthiness, honesty, responsibility, politeness in behavior, and politeness in speech because students only learning only, and still limited to the cognitive aspect. One of them is the printed books thet students need that they don’t fully get, only theory when the teacher explains in front of the and school facilities still don’t support the teaching and learning process towards maturity. Because at this stage senior high schools, both educators and students, should the able to apply active, creative, effective, and fun learning. Keywords: Internalization, Moral Values, Moral Education And Moral Formation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:35
Last Modified: 12 Jun 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item