STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM BERDAKWAH PADA PENGURUS KOMUNITAS PUNK HIJRAH DI BANDAR LAMPUNG

Muhammad, Ihsan Solihin (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM BERDAKWAH PADA PENGURUS KOMUNITAS PUNK HIJRAH DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK IHSAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Komunikasi Persuasif Strategi pada dasarnya adalah sebuah perencaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan, Strategi komunikasi persuasif dilakukan yang mana untuk mencapai suatu tujuan, yakni mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku komunikan atau audiens. Komunitas Punk Hijrah adalah media penyalur atau wadah bagi anak�anak muda khususnya anak-anak punk untuk melakukan hijrah, untuk itu komunitas punk hijrah bersedia membantu dalam mengajarkan kepada anak muda khususnya anak punk dalam proses hijrahnya. Dengan demikian Komunitas Punk Hijrah memerlukan strategi komunikasi persuasif. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana strategi komunikasi persuasif Komunitas Punk Hijrah dalam berdakwah. Temuan ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan, dan sifat penelitian (deskriftive research). Metode pengumpulan data melalui observasi, dan menggunakan wawancara semiterstruktur. Peneliti hanya terfokus pada cara mengamati, merekam, memotret, mempelajari, dan mencatat tingkah laku yang diteliti. Dan mengumpulkan dokumentasi seperti buku, surat, foto, majalah, agenda, dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk menggali data yang terkait dengan proses kegiatan�kegiatan yang mereka lakukan seperti membuat zine, halaqah, mengambar. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam strategi psikodinamika yang melibatkan emosional dan faktor kognitif dalam mempersuasif untuk melihat fenomena lingkungan. Strategi sosiokultural memanfaatkan faktor lingkungan yakni dengan hubungan pertemanan yang terjalin antara pengurus dan jemaah untuk berdakwah. Strategi konstruksi makna (meaning construction) memfokuskan lebih kepada memberikan pemahaman kepada jemaah dengan memanipulasi pengertian tetapi tidak merubah makna bertujuan untuk menyederhanakan dalam menyampaikan pesan persuasifnya dengan analogi yang dapat dimengerti oleh mereka. Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Komunitas Punk Hijrah, Dakwah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:31
Last Modified: 12 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item