PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU BADUY UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KELAS X SMA

M. Firman, Pamungkas (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU BADUY UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (34MB)
[thumbnail of FIRMAN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran yang digunakan masih berasal dari pemerintah yang didalamnya tidak terdapat integrasi kearifan lokal setempat dan nilai ketakwaan dalam profil pelajar pancasila. 80% siswa tidak mengeksplorasi lebih jauh kearifan lokal Suku Baduy yang berhubungan dengan materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal Suku Baduy, mengetahui kelayakan e-modul yang dikembangkan serta mengetahui respon guru dan siswa dengan jenis penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan ialah model Borg & Gall 7 tahapan. Subjek dari penelitian ini diantaranya yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, guru dan 43 siswa kelas X SMAN 1 Rangkasbitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) angket kebutuhan siswa, (2) angket kebutuhan guru, (3) angket penilaian validasi ahli materi, media dan bahasa, (4) angket respon guru dan siswa, (5) lembar wawancara guru dan siswa, (7) dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 90% dengan kategori ―sangat layak‖, ahli media sebesar 84% dengan kategori ―sangat layak‖, dan penilaian ahli bahasa sebesar 83% dengan kategori ―sangat layak‖. Hasil respon guru sebesar 91%. Respon siswa sebesar 83% pada uji coba skala terbatas dan 82% pada uji coba skala luas. Dengan demikian didapatkan kesimpulan bahwa e-modul biologi berbasis kearifan lokal Suku Baduy sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Modul Biologi, Kearifan Lokal, Materi Ekosistem, Suku Baduy. iv ABSTRACT The learning media used still comes from the government in which there is no integration of local wisdom and fear values in the pancasila student profile. 80% of students don’t further explore the local Wisdom of the Baduy tribe related to the material of the ecosystem. This research aims to find out how to develop e-modules based on the local wisdom of the Baduy Tribe, know the response of teachers and students to the type of research R&D (Research and Development). The development model used is the Borg & Gall 7-stage model. The subjects of this study include 2 material experts, 2 media experts, 2 language experts, teachers and 43 grade X students of SMAN 1 Rangkasbitung. The data collection techniques used are (1) student needs questionnaire, (2) teacher needs questionnaire, (3) material, media and language expert validation assessment questionnaire, (4) teacher and student response questionnaire, (5) teacher and student interview sheets, (7) documentation. The results of the study showed that material experts rated 90% with the category ―very worthy‖, media experts 84% with the categories ―very worthy‖ and linguists rated 83% with the Category ―very worthy‖. The teacher’s response was 91%. Students responded with 83% on a limited scale test and 82% on a large scale trial. Thus, it is concluded that the e-module biology based on local wisdom of the Baduy tribe is already worthy to be used in the learning process. Keywords: Biology E-Module, Local Wisdom, Ecosystem Material, Baduy Tribe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:03
Last Modified: 12 Jun 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28560

Actions (login required)

View Item View Item