KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. MUHAIMIN, MA SERTA RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI DISEKOLAH

ELSI, SINTIA (2023) KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. MUHAIMIN, MA SERTA RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI DISEKOLAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1 -2&dapus ELSI.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of full skripsi ELSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. MUHAIMIN, MA SERTA RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI DISEKOLAH Kurikulum dalam proses pendidikan merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Jika kita memperhatikan dan melihat secara seksama lulusan lemabaga pendidikan Islam hari ini, ternyata kurang memiliki kemampuan yang cukup untuk bersaing dengan lulusan dari lembaga lain di luar lembaga pendidikan Islam, di sisi lain akhlak dan moral mereka juga tidak mencermin kan sebagai seorang muslim yang baik, padahal Islam adalah agama yang tinggi dan agama yang sangat menjunjung tinggi moral dan akhlakul karimah Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian library research. Sumber data dalam penelitian library research diperoleh dari sumber primer berupa buku karya tokoh yang menjadi objek kajian yaitu Prof. Dr. Muhaimin, MA dan sumber sekunder dari jurnal penelitian, disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, jurnal ilmiah serta sumber lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah menggunakan metode dokumentasi, data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis isi (Content Analysis). Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: pendapat muhaimin mengenai konsep kurikulum pendidikan islam yaitu seperangkat rencana kegiatan dan pengaturan terkait dengan isi dan bahan pelajaran PAI serta cara yang akan diterapkan dalam proses membantu peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran islam serta menumbuhkembangkan nilai dari islam dalam proses untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. kurikulum pendidikan islam dalam pandangan Muhaimin didapati terdapat empat komponen dalam kurikulum yang meliputi Tujuan, Isi, Strategi, serta Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam iv Menurut Muhaimin juga harus selalu dikembangkan serta dalam pengembangannya wajib memperhatikan psikologi peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan setidaknya empat posisi kurikulum menurut muhaimin yaitu Kurikulum berposisi sebagai suatu rencana dan kegiatan dengan maksud memindahkan apa yang sebelumnya terjadi di masa lalu kepada generasi sekarang (ilmu pengetahuan), Kurikulum berposisi sebagai kegiatan yang sengaja diciptakan dalam proses pemfasilitasan minat, bakat, dan kemampuan yang dimliki oleh peserta didik untuk tujuan penemuan jati diri yang sebenarnya dari peserta didik, Kurikulum berposisi sebagai solusi dari segala permasalahan sosial yang ada dalam dunia pendidikan, Dan Kurikulum berposisi dalam membentuk baiknya kehidupan dimasa depan dari buruknya kehidupan dimasa lalu dan masa sekarang. Ditemukan pula Relevansi konsep kurikulum pendidikan islam yang digagas oleh muhaimin dengan kurikulum PAI disekolah (SMA) ini ialah memiliki kesesuaian ditinjau dari segi konsepnya yaitu usaha sadar terencana dalam memahami, menghayati, serta mengamalkan ajaran islam. Relevan juga pada tujuan dari pendidikan islam yaitu manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berpengetahuan, selain itu juga memiliki relevansi dari aspek isi dari kurikulum pendidikan islam yang harus memperhatikan psikologi atau tumbuh kembang peserta didik dalam ranah pemahaman terhadap keilmuannya. Setelah melakukan penelitian peneliti juga temukan bahwa pembahasan tokoh Prof. Dr. Muhaimin, MA lebih kepada menyorot terkait dengan real curriculum. Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Islam, Muhaimin. v ABSTRACT KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. MUHAIMIN, MA SERTA RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI DISEKOLAH The curriculum in the educational process is a tool to achieve educational goals. Because it relates to determining the direction, content and process of education, which ultimately determines the types and qualifications of graduates of an educational institution. If we pay attention and look carefully at the graduates of Islamic education institutions today, it turns out that they lack sufficient ability to compete with graduates from other institutions outside of Islamic education institutions, on the other hand their morals and morals also do not reflect that they are good Muslims. even though Islam is a high religion and a religion that highly upholds morals and akhlakul karimah In this study, researchers used a qualitative research approach with the type of research in the form of library research. Sources of data in library research were obtained from primary sources in the form of books by figures who were the object of study, namely Prof. Dr. Muhaimin, MA and secondary sources from research journals, dissertations, theses, theses, research reports, textbooks, papers, scientific journals and other sources relevant to the research topic. The data collection method used in this research is the documentation method. The collected data is then analyzed using the content analysis method. This research found the following results: muhaimin's opinion regarding the concept of the Islamic education curriculum, namely a set of activity plans and arrangements related to the contents and materials of PAI lessons and the methods that will be applied in the process of helping students understand, live and practice Islamic vi teachings and develop values of Islam in the process of achieving the educational goals that have been set. Islamic education curriculum in Muhaimin's view found that there are four components in the curriculum which include Objectives, Content, Strategy, and Evaluation of Islamic Education Curriculum According to Muhaimin it must also always be developed and in its development it is mandatory to pay attention to the psychology of students. Based on the research that has been done, the researchers found at least four curriculum positions according to Muhaimin, namely the curriculum as a plan and activity with the intention of transferring what previously happened in the past to the present generation (science), the curriculum as an activity that was deliberately created in the facilitation process. interests, talents, and abilities possessed by students for the purpose of discovering the true identity of students, the curriculum is positioned as a solution to all social problems that exist in the world of education, and the curriculum is positioned in shaping the good life in the future from the bad life in the past and the present. It was also found that the relevance of the concept of the Islamic education curriculum initiated by muhaimin with the PAI curriculum in schools (SMA) is that it has compatibility in terms of the concept, namely a planned conscious effort in understanding, living, and practicing Islamic teachings. It is also relevant to the goals of Islamic education, namely humans who fear God Almighty, have noble character and are knowledgeable, besides that it also has relevance from the content aspect of the Islamic education curriculum which must pay attention to psychology or the growth and development of students in the realm of understanding of their knowledge. After conducting the research, the researcher also found that the discussion on Prof. Dr. Muhaimin, MA focuses more on real curriculum. Keywords: Curriculum, Islamic Education, Muhaimin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:18
Last Modified: 09 Jun 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28538

Actions (login required)

View Item View Item