TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERMENSOS NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG TUGAS KARANG TARUNA (Studi di Kampung Sidowaras Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah)

LOLA, LOLITA (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERMENSOS NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG TUGAS KARANG TARUNA (Studi di Kampung Sidowaras Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LOLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Karang taruna merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang berada dilingkungan desa. Karang taruna juga sebagai wadah pengembangan potensi generasi muda dan masyarakat, serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial. Seperti halnya, permasalahan kesejahteraan sosial serta permasalahan mengenai kenakalan remaja di Kampung Sidowaras. Generasi muda merupakan generasi yang diharapkan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik lagi. Karang taruna merupakan organisasi yang dapat diikuti dilingkungan sekitar. Sesuai yang tertera dalam Pasal 6 Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang karang taruna. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran karang taruna Kampung Sidowaras dalam menjalankan tugasnya terhadap masyarakat kampung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan fikih siyasah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang karang taruna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Karang Taruna dalam pengimplementasian Pasal 6 Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna dan bagaimana tinjauan fikih siyasah terhadap peran Karang Taruna dalam implementasi Pasal 6 Permensos Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini, merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang terjun langsung ke masyarakat Kampung Sidowaras Kecamatan Bumi Ratu Nuban yang menjadi objek penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran karang taruna dalam pengimplementasian tugasnya yang tertera dalam Pasal 6 Permensos Nomor 25 Tahun 2019 sudah dijalankan sesuai dengan tugas dan program kerja yang ada. Hal tersebut diperkuat oleh keterangan masyarakat setempat yang mengatakan bahwa karang taruna Kampung Sidowaras sudah mengemban tugasnya dengan baik serta melaksanakan kegiatan yang berorientasikan pada kegiatan sosial. iv Sedangkan dalam tinjauan fiqih siyasah karang taruna Kampung Sidowaras dalam menjalankan tugasnya sudah sesuai dengan tujuan fikih siyasah itu sendiri, yakni untuk mewujudkan kemaslahatan umat sesuai dengan syariat Islam. Serta karang taruna merupakan Lembaga pelaksana perundang-undangan atau dapat disebut dengan fikih siyasah tanfidziyyah. Dalam hal ini karang taruna Kampung Sidowaras selalu melakukan kegiatan yang berorientasikan pada kegiatan sosial yang bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat kampung. Kata Kunci : Karang Taruna, Tinjauan, Fikih Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:54
Last Modified: 09 Jun 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28535

Actions (login required)

View Item View Item