UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu [Intu Kabupaten Pringsewu)

MUHAMMAD, ANJAS KUMARA (2023) UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu [Intu Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANJAS OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu sarana masyarakat umum khususnya kabupaten Pringsewu untuk bisa melakukan penanaman modal dengan mudah dan terpercaya. Setiap penyelenggara pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan sebagai jaminan adanya kepastian bagi pemberi di dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dan bagi penerima pelayanan dalam proses pengajuan pelayanannya. Permasalahan yang ditemui yaitu belum diterapkannya budaya mengantri untuk pengurusan izin usaha dan non berusaha, sumber daya pegawai yang ada hanya sebagian kecil yang menguasai IT. Proses penyelesaian pengurusan izin masih belum tepat dengan SOP yang ada, dan kendala sarana prasarana yang menunjang pelayanan. Oleh sebab itu perlunya peningkatan kualitas layanan publik DPMPTSP Kabupaten Pringsewu kepada masyarakat saat ini menjadi hal penting untuk bisa mempermudah dalam mengakses dan melakukan kegiatan penanaman modal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya peningkatan mutu pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu? dan apasajakah faktor penunjang dan penghambat upaya peningkatan mutu pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pelayanan publik pada dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Pringsewu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan mutu pelayanan publik pada dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kabupaten pringsewu. Penelitian berjenis penelitian lapangan atau fiel research yaitu dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu . Sumber data primer dalam penelitian ini merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pegawai DPMPTSP Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini dalam analisisnya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan bersama pegawai DPMPTSP kabupaten pringsewu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan mutu pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pringsewu, antara lain menerapkan Program peningkatan mutu pelayanan publik dilakukan dengan 1. Pembagian tugas secara tegas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing Jabatan Struktural dan Fungsional, 2. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Pringsewu Nomor 43 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Pemerintah Daerah, meningkatkan SDM melalui Diklat secara berkelanjutan, 3. Penerapan Reward dan Punishmen dalam pembinaan karier, 4. Mengajukan tunjangan khusus bagi semua staff melalui APBD Kabupaten. Menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara jelas. Melakukan pemberdayaan semua pegawai. Faktor-faktor yang mendukung dan penghambat meningkatkan mutu pelayanan publik pada DPMPTSP Kabupaten Pringsewu sebagai berikut. Faktor pendukung: ketepatan uraian tugas, kebijakan, penghargaan dan sikapmasyarakat dan pemerintah yang baik terhadap kemajuan IT. Faktor-faktor penghambat yaitu pegawai lebih memperhatikan pada aspek penghargaan, tetapi tidak diimbangi dengan pemahaman terhadap uraian tugasnya dan kebijakan-kebijakan yang ada, tidak semua pegawai memiliki kesadaran dan komitmen terhadap pekerjaannya, kurangnya hubungan informal dan sikap rasa memiliki terhadap DPMPTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:50
Last Modified: 09 Jun 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28524

Actions (login required)

View Item View Item