PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH SUMATERA SELATAN

Devani, Fitri Rahayu (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Devani Fitri Rahayu 1811010370.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Semenjak adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia khususnya Indonesia membuat sistem pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai sistem kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung melainkan melalui perangkat elektronik yang terhubung ke dalam jaringan internet. Seringnya menggunakan alat elektronik seperti handphone yang digunakan selama pembelajaran daring membuat tingginya intensitas peserta didik dalam mengakses media sosial akan berdampak pada hasil belajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar (Y) peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan analisis data kuantitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah dipahami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei (survey research). Penelitian survei adalah penelitian yang tidak melakukan suatu perubahan atau tidak ada perlakuan khusus terhadap variabel-variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Questioner (angket) dan Document (dokumentasi). Sampel yang diambil berjumlah 55 responden. Selanjutnya pengujian menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dihitung menggunakan rumus uji regresi linier sederhana dan uji T. Semua bentuk perhitungan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 19. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah penggunaan metode pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XII MIA 1 memperoleh rata-rata persentase sebesar 81% sedangkan pada kelas X IIS 1 memperoleh rata�rata persentase sebesar 75%. Sehingga menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh saat melaksanakan pembelajaran daring dinilai cukup baik. Pada analisis statistik menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,216. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (pembelajaran daring) memberikan kontribusi terhadap variabel terikat (minat belajar) sebesar 21,6%. Sedangkan nilai koefisien regresi 0,463 yaitu positif, maka arah pengaruh variabel (X) pembelajaran daring terhadap variabel (Y) hasil belajar adalah positif. Dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT Since the Covid-19 pandemic hit the world, especially Indonesia, the learning system for high schools in this study uses online learning (in the network). Online learning can be interpreted as a system of learning activities that are carried out without going through face-to-face meetings but through electronic devices that are connected to the internet network. The frequent use of electronic devices such as mobile phones used during online learning makes the high intensity of students accessing social media will have an impact on learning outcomes for participating in learning activities. This study aims to determine the effect of online learning (X) on student learning outcomes (Y) during the Covid-19 pandemic. This research uses a type of quantitative research that is descriptive using quantitative data analysis so that it becomes an easy-to�understand data exposure. The type of research used in this research is survey research. Survey research is research that does not make any changes or no special treatment of the variables studied. Data collection techniques used are Questionnaire (questionnaire) and Document (documentation). The samples taken amounted to 55 respondents. Furthermore, testing using the normality test and hypothesis testing is calculated using the simple linear regression test formula and T test. All forms of calculations use the help of the SPSS Version 19 application. Based on the results of research at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah, the use of online learning methods in Islamic Religious Education subjects in class XII MIA 1 obtained an average percentage of 81% while in class X IIS 1 obtained an average percentage of 75%. So that shows that the learning outcomes obtained when carrying out online learning are considered quite good. The statistical analysis shows that the coefficient of determination is 0.216. This shows that the independent variable (online learning) contributes to the dependent variable (learning interest) of 21.6%. While the regression coefficient value is 0.463 which is positive, the direction of the influence of the variable (X) online learning on the variable (Y) learning outcomes is positive. Thus HO is rejected and Ha is accepted. So the hypothesis is that there is a significant influence between online learning on student learning outcomes at Muhammadiyah 2 Karang Tengah High School. Keywords : Learning Outcomes, Online Learning, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:44
Last Modified: 08 Jun 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28519

Actions (login required)

View Item View Item