TINJAUAN FIKIH SIYᾹSAH TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN KEBIJAKAN KEIMIGRASIAN TENTANG EAZY PASSPORT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di kantor Imigrasi kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Lampung)

FANNY, DIAH INDRIARTI (2023) TINJAUAN FIKIH SIYᾹSAH TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN KEBIJAKAN KEIMIGRASIAN TENTANG EAZY PASSPORT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di kantor Imigrasi kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FANNY DIAH INDRIARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kebijakan pelayanan tentang eazy passport sebagaimana yang telah diatur di dalam Surat Edaran Nomor: IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020 Tentang eazy passport yang menjadi landasan utama di dalam pelaksanaan layanan eazy passport oleh petugas imigrasi kepada masyarakat. Tujuan dari adanya kebijakan layanan eazy passport adalah untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan passport tanpa harus datang ke kantor imigrasi terutama pada masa pandemi Covid-19 dan untuk menstabilkan PNBP Negara akibat adanya pandemi Covid-19, alasan melakukan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan eazy passport yang di lakukan oleh petugas kantor imigrasi sudah sesuai surat edaran yang tertera. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan rumusan masalah bagaimana pelaksanaan pelayanan kebijakan keimigrasian tentang eazy passport kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan pelayanan kebijakan keimigrasian tentang eazy passport kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kebijakan keimigrasian tentang eazy passport kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan pelayanan kebijakan keimigrasian tentang eazy passport kepada masyarakat pada masa pandemi Covid�19 di kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung. Penelitian ini datanya diperoleh langsung dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini Pelaksanaan pelayanan kebijakan eazy passport yang dilakukan oleh petugas kantor imigrasi, petugas kantor imigrasi belum melaksanakan pelayanan kebijakan eazy passport sesuai dengan Surat Edaran IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020 tentang layanan eazy passport kepada masyarakat yang berlaku selama pelaksanaan pelayanan eazy passport pada masa pandemi Covid-19 hingga saat ini. Berdasarkan pandangan fiqh siyāsah tanfῑżiyah terhadap pelaksanaan pelayanan kebijakan eazy passport, pegawai kantor Imigrasi Kota Bandar Lampung belum melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik sesuai dengan Surat Edaran IMI�1060.GR.01.01 Tahun 2020 tentang layanan eazy passport.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:37
Last Modified: 08 Jun 2023 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28518

Actions (login required)

View Item View Item