EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBASIS LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

FARIDA, MUTI’AH (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBASIS LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FARIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam penguasaan materi matematika dan juga mampu mengutarakan secara jelas agar mudah dipahami. Berdasarkan hasil ulangan harian di MTs Assyifa Karang Sari menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika masih kurang baik, hal ini disebabkan beberapa faktor seperti kurang beragamnya model pembelajaran yang digunakan, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam perhitungan matematika serta menguasai materi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kumon berbasis LKPD terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Assyifa Karang Sari, Jati Agung, Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling yang terdiri dari dua kelas sebagai sampel, yaitu satu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kumon berbasis LKPD dan satu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Untuk mengetahui seberapa efektif suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya menggunakan rumus effect size. Pengolahan data ini menggunakan bantuan SPSS dan Microsoft Excel. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kumon berbasis LKPD lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kumon Berbasis LKPD, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:47
Last Modified: 08 Jun 2023 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28514

Actions (login required)

View Item View Item