PERAN KEPOLISIAN SEKTOR DALAM PENGAMANAN ACARA HIBURAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Polsek Sungkai Selatan Lampung Utara)

RENZA, WINARNI (2023) PERAN KEPOLISIAN SEKTOR DALAM PENGAMANAN ACARA HIBURAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Polsek Sungkai Selatan Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENZA WINARNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepolisian Sektor memiliki tugas untuk menyelenggarakan tugas pokok polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pemberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta tugas-tugas polri lain dalam daerah hukumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Namun faktanya dilapangan masih banyak anggota kepolisian yang kurang dalam hal memberikan pengamanan terutama pada acara hiburan yang diselenggarakan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepolisian sektor dalam memberikan pengamanan acara hiburan masyarakat di Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara dan bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap peran kepolisian sektor dalam memberikan pengamanan acara hiburan masyarakat di Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai pelaksanaan peran kepolisian sektor dalam memberikan pengamanan acara hiburan masyarakat Perspektif Fiqh Siyasah di Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach), sifat penelitian adalah kualitatif yang deskriptif analisis yaitu penelitian yang menguraikan data bersumber dari data primer melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran Kepolisian Sektor Sungkai Selatan Lampung Utara dalam memberikan pengamanan acara hiburan orgen tunggal telah menjalankan tugasnya dengan baik walaupun belum maksimal. Karena pihak kepolisian hanya memberikan pemberitahuan terkait batas waktu acara hiburan yaitu untuk menghindari ataupun mengurangi tindak kejahatan yang akan terjadi tetapi dari pihak kepolisian sendiri tidak berada di lokasi untuk memberikan pengawasan secara langsung dan dalam perspektif fiqh siyasah tentang peran Kepolisian Sektor Sungkai Selatan dalam memberikan pengamanan pada acara hiburan masyarakat telah menjalankan/melaksanakan aturan yang sejalan dengan syariat Islam dengan memberikan nasihat tentang batasan waktu sama seperti mengurangi kemungkaran yang akan terjadi pada acara hiburan di wilayah Kecamatan Sungkai Selatan. Kata Kunci : Kepolisian, Fiqh Siyasah, Hiburan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:38
Last Modified: 08 Jun 2023 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item