ANALISIS FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHAPAP IMPLEMENTASI PASAL 3 UNDANG UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi pada Desa Rukti Basuki, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah)

ARIF, SAPUTRA (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHAPAP IMPLEMENTASI PASAL 3 UNDANG UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi pada Desa Rukti Basuki, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bertambahnya penduduk dengan pesat menimbulkan juga bertambahnya pola konsumsi kebutuhan pokok, untuk memenuhi kebutuhan pokok penduduk maka berkembanglah pabrik industri di segala bidang untuk memenuhi kebutuhan pokok penduduk. Namun dengan berkembangnya pabrik industri selain dengan sisi positif nya yang dapat memenuhi kebutuhan pokok penduduk dan membuka lapangan pekerjaan namun juga terdapat sisi negatif nya yaitu berdampak pada lingkungan hidup salah satunya adalah pencemaran lingkungan.Proses industri pengolahan tepung tapioka menyebabkan terjadinya gumpalan asap hitam yang mengakibatkan polusi udara, dan juga bau tidak sedap yang ditimbulkan dari limbah bekas pengelolaan tepung tapioka yang belum dikelola dengan baik. Juga mempengaruhi kualitas air karena sebagian limbah cair pengolahan tepung tapioka di alirkan ke rawa rawa dan sungai, dimana sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah pengolahan tepung tapioka di gunakan para petani untuk mengaliri sawah dan juga kebun.Allah melarang manusia untuk berbuat kerusakan, baik di darat, di laut maupun di udara. Karena kerusakan yang disebabkan manusia itu akan membahayakan pada tata lingkungan alam, pencemaran udara, dan bencana bencana alam lainnya. Allah meminta kita untuk senantia bersyukur atas karunia yang diberikan kepada nya, sehingga alam yang telah disediakan mendatangkan rahmat dan manfaat serta nikmat yang besar bagi kehidupan manusia dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas, kiranya penulis dapat mengemukakan beberapa permasalahan penelitian ini sebagai berikut. Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Desa Rukti Basuki Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah?.Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Desa Rukti Basuki Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah?.Penelitian ini termasuk iii penelitian field research, yaitu penelitian yang berlangsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mplementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Desa Rukti Basuki Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Pengolaan Lingkungan Hidup yang ada di Desa Rukti Basuki belum berjalan dengan baik, banyak yang belum telaksana sesuai dengan asas, tujuan dan ruang lingkupnya.Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengeolaan Lingkungan Hidup di Desa Rukti Basuki Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah.Islam mengajarkan untuk mencintai lingkungan, dan tidak merusak lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:21
Last Modified: 07 Jun 2023 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28501

Actions (login required)

View Item View Item