PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA

Wijaya, Muhammad Sevta (2017) PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_WATERMARK_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tuntutan hasil belajar yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi dengan guru biologi di SMAN 15 Bandar Lampung, keterampilan berpikir kreatif siswa masih belum dikembangkan secara maksimal. Hal ini karena pembelajaran selama ini lebih sering menggunakan media gambar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif adalah dengan praktikum virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum virtual terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi vertebrata. Metode weak experiment dan desain the one-group pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini. Praktikum virtual diterapkan pada siswa kelas X SMAN 15 Bandar Lampung sebanyak tiga kelas. Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen, kelas X.2 dan X.3 sebagai kelas replikasi untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh praktikum virtual secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi vertebrata (Kelas X.1 kategori sedang, N-gain = 0,57; X.2 kategori sedang, N-gain = 0,53; X.3 kategori sedang, N-gain = 0,50). Praktikum virtual pada materi vertebrata dapat digunakan oleh guru di sekolah sebagai alternatif pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Praktikum Virtual, Keterampilan Berpikir Kreatif, Vertebrata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:30
Last Modified: 07 Mar 2017 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item