PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR INKLUSI DI DALAM KELAS BERLANDASKAN MORAL KEAGAMAAN PADA KELAS XI DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG

LETI, PUSPITA SARI (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR INKLUSI DI DALAM KELAS BERLANDASKAN MORAL KEAGAMAAN PADA KELAS XI DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana inklusi pada saat ini perlu di lakukan mengingat bahwa sekolah-sekolah pada saat ini mulai menggunakan sistem pendidikan inklusi dengan menerima peserta didik tanpa menyeleksi peserta didik berdasarkan penampilan walaupun tidak semua sekolah dikatakan sebagai sekolah inklusi. Sehingga peran guru dalam menciptakan suasana belajar inklusi di dalam kelas berlandaskan moral keagamaan pada kelas XI di SMKN 4 Bandar Lampung perlu diterapkan karena baik secara langsung maupun tidak langsung di dalam proses pembelajaran masih banyak peserta didik yang tidak mendapatkan perlakuan yang sama baik dari guru maupun peserta didik lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana belajar inklusi di dalam kelas berlandaskan moral keagamaan pada kelas XI di SMKN 4 Bandar Lampung Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana belajar inklusi di dalam kelas berlandaskan moral keagamaan pada kelas XI di SMKN 4 Bandar Lampung belum Berdasarkan hasil analisis dan pengelolaan data yang telah dilaksanakan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana belajar inklusi berlandaskan moral keagamaan pada kelas XI di SMKN 4 Bandar Lampung belum dikatakan baik hal terebut terbukti dengan belum adanya guru khusus yang menangani peserta didik yang memiliki perbedaan, belum adanya pelatihan kepada guru mata pelajaran dalam menangani peserta didik yang memiliki perbedaan, serta masih adanya peserta didik yang merasa tidak nyaman dan merasa terganggu dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di mana masih ada beberapa peserta didik yang mengganggu peserta didik lain yang memiliki perbedaan, hal iii tersebut disebabkan oleh beberapa peran guru yang belum terlaksanakan optimal. Adapun peran yang guru lakukan dalam menciptakan suasana pembelajaran inklusi di dalam kelas berlandaskan moral keagamaan yang belum terlaksanakan secara optimal antara lain: 1) peran guru sebagai fasilitator di lihat dari cara guru yang belum secara optimal menggunakan media-media atau strategi yang dirasa cocok untuk diterapkan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang inklusi, 2) peran guru sebagai leader atau pemimpin di lihat dari cara guru kurang tegas dalam memimpin peserta didik sehingga masih banyak peserta didik yang memperlakukan peserta didik lain dengan kurang baik sehingga suasana pembelajaran tidak inklusi. Kata Kunci: Peran Guru, Suasana Belajar Inklusi, Moral Keagamaan iv ABSTRACT The role of the Islamic Religious Education teacher in creating an atmosphere of inclusion at this time needs to be done considering that schools are currently starting to use an inclusive education system by accepting students without selecting students based on appearance, although not all schools are said to be inclusive schools. So that the role of the teacher in creating an inclusive learning atmosphere in the classroom based on religious morals in class XI at SMKN 4 Bandar Lampung needs to be implemented because both directly and indirectly in the learning process there are still many students who do not get the same treatment from both the teacher and the participants. other students. This study aims to describe the role of Islamic Religious Education teachers in creating an inclusive learning atmosphere in the classroom based on religious morals in class XI at SMKN 4 Bandar Lampung The type of research used in this study is a qualitative method. Data collection procedures used by researchers in conducting research using observation, interviews, and documentation. The results showed that the role used by the Islamic Religious Education teacher in carrying out the role of the Islamic Religious Education teacher in creating an inclusive learning atmosphere in the classroom based on religious morals in class XI at SMKN 4 Bandar Lampung had not been based on the results of analysis and data management that had been carried out, the researchers can conclude that the role of the Islamic Religious Education teacher in creating an inclusive learning atmosphere based on religious morals in class XI at SMKN 4 Bandar Lampung has not been said to be good, this is evidenced by the absence of special teachers who handle students who have differences, the absence of training for subject teachers in dealing with students who have differences, and there are still students who feel uncomfortable and feel disturbed in the learning process of Islamic Religious Education where there are still some students who disturb other students who have differences, this is caused by several roles of the teacher who has not been implemented optimally. The role that the teacher plays in creating an atmosphere of inclusive learning in the classroom based on religious morals that has v not been implemented optimally includes: 1) the role of the teacher as a facilitator is seen from the way the teacher has not optimally used media or strategies that are deemed suitable to be implemented in creating an inclusive learning atmosphere, 2) the role of the teacher as a leader or leader is seen from the way the teacher is less assertive in leading students so that there are still many students who treat other students unfavorably so that the learning atmosphere is not inclusive. Keywords: Teacher's Role, Inclusive Learning Atmosphere, Religious Moral

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:32
Last Modified: 07 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28497

Actions (login required)

View Item View Item