PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AL-KHAIRIYAH WAYLAHU KALIANDA LAMPUNG SELATAN

ARMALISA, Arifin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AL-KHAIRIYAH WAYLAHU KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan. Pembelajaran didalam kelas tidak akan terjadi dengan baik jika metode, strategi dan teknik tidak ada. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi dinamis anatar guru dengan peserta didik, melainkan juga melibatkan interaksi dinamis antara peserta didik dengan peserta didik lainnya. Dalam penelitian ini akam dicoba dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay merupakan bagian dari model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Akidah Akhlak pada peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Lampung Selatan?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar akidah akhlak pada peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Waylahu Kalianda Lampung Selatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunkan adalah pre test post test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes esay, observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Sample dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sample. Berdasarkan hal tersebut, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Kesimpulan analisis data dari hasil tes prestasi, pengaruhnya dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar akidah akhlak kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 71,87 sedangkan kelas eksperimen adalah 74,03. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan statistik parametik yaitu uji-t diperoleh nilai p (probabilitas) yang ditunjukkan oleh nilai sig (2-tailed) thitung < ttabel (0,035 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:29
Last Modified: 07 Jun 2023 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28496

Actions (login required)

View Item View Item