PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK, DI TK HIP HOP SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Kurnia, Destianti (2023) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK, DI TK HIP HOP SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of KURNIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan multiple intelligences anak perlu ditingkatkan dengan optimal, sebab kecerdasan dapat membantu anak menggali keterampilan yang menonjol dalam dirinya, dan membantu anak memecahkan masalah serta beradaptasi dengan baik melalui pengalaman belajar dilingkungannya. Berdasarkan permasalahan di TK Hip Hop Sukarame Kota Bandar Lampung bahwa kemampuan anak pada keempat Multiple Intelligences, yakni kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal dan interapersonal belumlah optimal. Selain itu lemahnya empat kemampuan anak tersebut di dukung dengan belum lengkapnya penggunaan APE yang mendukung perkembangan dan pertumbuhannya. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan multiple intelligences anak dengan penggunaan alat permainan edukatif ular tangga yang dibatasi dengan empat kecerdasan yaitu kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal dan interapersonal. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas B usia - tahun TK Hip Hop Sukarame Kota Bandar Lampung, subjek penelitian berjumlah anak. Dilaksanakan dengan putaran sebanyak III siklus. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumentasi serta observasi dengan empat tahap pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisi data yang digunakanreduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Serta indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini sebesar dalam kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat sebanyak anak dengan persentase yang diperoleh pada kategori berkembang sesuai harapan, siklus II jumlah anak meningkat menjadi anak pada kategori berkembang sesuai harapan dan sangat baik dengan persentase yang diperoleh , serta siklus III meningkat menjadi anak pada kategori berkembang sesuai harapan dan iv berkembang sanagat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar . Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa multiple intelligences anak dapat meningkat melalui penggunaan APE ular tangga di TK Hip Hop Sukarame Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : APE, Ular Tangga, Multiple Intelligences v ABSTRACT The ability of children's multiple intelligences needs to be optimally improved, because intelligence can help children explore skills that stand out in themselves, and help children solve problems and adapt well through learning experiences in their environment. Based on the problems in the Sukarame Hip Hop Kindergarten, Bandar Lampung City, the ability of children in the four Multiple Intelligences, namely logical-mathematical intelligence, kinesthetic intelligence, interpersonal and interpersonal intelligence, is not optimal. In addition, the four children's weak abilities are supported by the incomplete use of APE which supports their development and growth. Therefore the purpose of this research is to improve children's multiple intelligence abilities by using snakes and ladders educational games which are limited to four intelligences, namely logical-mathematical intelligence, kinesthetic intelligence, interpersonal and interpersonal intelligence. The research method used in this study is a class action research (CAR). The research was conducted in class B aged - years at Sukarame Hip Hop Kindergarten, Bandar Lampung City, with children as research subjects. It is carried out with cycles of cycle I, cycle II, and cycle II, each cycle meeting three times. Data collection techniques obtained through documentation and observation with four stages in each cycle, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data analysis used quantitative and qualitative data reduction, data display, and drawing conclusions. As well as the expected success indicators in this study of in the category of developing according to expectations and developing very well. The results showed that in cycle I the percentage obtained was with children in the category of developing according to expectations, in cycle II the percentage obtained increased by with the number of children in the category developing according to expectations and very good, and cycle III the percentage obtained had increased by with a total of children in the category of vi developing according to expectations and developing very well. With this it can be concluded that children's multiple intelligences can be increased through the use of snakes and ladders at Sukarame Hip Hop Kindergarten, Bandar Lampung City. Keywords : APE, Snakes and Ladders, Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 05:40
Last Modified: 07 Jun 2023 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item View Item