ZAKAT PRODUKTIF DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Pemikiran Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi Dan Ali Yafie)

DITA, ROHANI (2023) ZAKAT PRODUKTIF DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Pemikiran Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi Dan Ali Yafie). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum Islam dalam pemikiran khazanah terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai zakat produktif dalam upaya pengentasan kemiskinan. Cara menanggulangi kemiskinan adalah dukungan orang yang mampu untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka berupa dana zakat kepada mereka yang kekurangan. Ada yang berpendapat zakat dikelola oleh lembaga pengelola zakat yang dibentuk dan disahkan oleh pemerintah yang memiliki kekuatan hukum formal, ada pula yang berpendapat bahwa metode pengentasan kemiskinan dan upaya perwujudan keadilan sosial dapat diwujudkan lewat model zakat/pajak, da nada yang berpendapat Zakat memiliki dua aspek penting yaitu: pengeluaran atau pembayaran dan penerimaan atau pembagian, dan yang disebutkan pertama merupakan hal mutlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pemikiran Din Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi Dan Ali Yafie Mengenai Zakat Produktif Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan, 2) Bagaimana Dasar Hukum Pemikiran Dari Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi dan Ali Yafie Mengenai Zakat Produktif Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan, dan 3) Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Pendapat Antara Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi, Dan Ali Yafie Mengenai Zakat Produktif Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran dan dasar hukum dari Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi dan Ali Yafie mengenai zakat produktif dalam upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menelaah dari buku karangan Didin Hafiduddin, Masdar Farid Mas’udi dan Ali Yafie serta buku lain yang membahas mengenai zakat produktif dalam upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis komparatif. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu teknik yang digunakan untuk menganalisis makna yang terkandung di dalam data yang dihimpun melalui riset kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemikiran Didin tentang zakat produktif untuk memberantas kemiskinan yaitu zakat dikelola oleh lembaga pengelola zakat sehingga dana yang diberikan pengelola zakat dapat dibangun untuk usaha oleh mustahiq khususnya fakir miskin, Masdar menyatakan bahwa zakat produktif untuk memberantas kemiskinan melalui konsep etik zakat dengan dikelola oleh negara sehingga dapat dibangunkan sarana dan prasarana, iii sedangkan menurut Ali Yafie zakat produktif untuk memberantas kemiskinan bahwa konsep fardhu kifayah yaitu zakat merupakan dana sosial yang sifatnya ibadah sosial sehingga dapat dimanfaatkan bagi pembangunan bangsa dan ketahanan negara khususnya untuk mengentaskan kemiskinan. Sedangkan dasar hukum bagi Didin yaitu berdasarkan hadis Bukhari dan Muslim juga surah Al-Baqarah ayat 276-277, Masdar Farid Mas’udi berdasarkan surah At-Taubah ayat 60, dan Ali Yafie berdasarkan Ijma’, qiyas, mafhum al-umamah dan surah Al-Baqarah ayat 267. Kata Kunci: Kemiskinan, Produktif, Zakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:58
Last Modified: 07 Jun 2023 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28481

Actions (login required)

View Item View Item