IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH ( Studi di Kelurahan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung )

NAJIULLOH, D (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH ( Studi di Kelurahan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  NAJIULLOH. D 1921020574.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mekanisme dalam penentuan harga BBM, membuat pemerintah kurang memiliki otoritas yang penuh untuk memaksakan harga. Oleh karenanya fluktuasi harga dan kurang efektifnya peraturan peraturan terkait BBM, serta untuk menjaga daya beli masyarakat, maka pemerintah melakukan kebijakan berupa memberikan bantuan uang tunai, yang bertujuan meringankan beban masyarakat ditengah kenaikan harga BBM. Bantuan langsung tunai BBM disalurkan kepada masyarakat yang memiliki taraf ekonomi rendah. Sesuai dengan pasal 14 Undang�Undang No. 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, yang menyatakan bantuan langsung tunai merupakan bagian dari skema perlindungan sosial. Namun dalam pelaksanaan pendistribusian bantuan langsung tunai BBM khususnya di Kelurahan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung, terdapat bebrapa masalah terkait dengan masih adanya masyarakat yang dikategorikan mampu namun mendapatkan bantuan dan masih adanya masyarakat yang membutuhkan namun tidak mendapatkan bantuan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan rumusan masalah bagaimana implementasi kebijakan bantuan langsung tunai BBM dan bagaimana perspktif fiqh siyāsah terhadap implementasi kebijakan bantuan langsung tunai BBM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan bantuan langsung tunai BBM dan untuk mengetahui perspktif fiqh siyāsah terhadap implementasi bantuan langsung tunai BBM. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sukarame Kotamadya Bandar Lampung. Penelitian ini datanya diperoleh langsung dari kelurahan sukarame. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa secara keseluruhan Implementasi kebijakan bantuan langsung tunai BBM di kelurahan sukarame tidak berjalan dengan baik karna masih ditemukan kelemahan dan kekurangan dari program ini, terkait dengan pendataan keluarga penerima manfaat, yang masih ditemukan tidak tepat sasaran, dikarnakan pendataan yang tidak diperbarui, serta tidak adanya pedoman umum atau petunjuk pelaksanaan mengenai program tersebut. Namun terkait dengan sistem penyaluran dana dinilai baik dalam pengertian dapat menjamin dana sampai kepada penerima secara utuh dan dalam waktu singkat. Kedua berdasarkan perspektif fiqh siyāsah terhadap Implementasi kebijakan bantuan langsung tunai BBM sesuai dengan siyāsah tanfidẓiyah yang berkaitan dengan implementasi kebijakan pemerintah yang berimbas ke dalam kemaslahatan, melakukan perlindungan kepada masyarakat kurang mampu. Namun masih ditemukannya ketidak adilan terkait dengan masih adanya bantuan yang tidak tepat sasaran, tentunya tidak sesuai dengan tujuan adanya bantuan tersebut yakni kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:44
Last Modified: 07 Jun 2023 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28480

Actions (login required)

View Item View Item