PENERAPAN PEMBELAJARAN MUHADHARAH SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK KECAMATAN BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

RENDI, NUGRAHA SAPUTRA (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MUHADHARAH SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK KECAMATAN BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RENDI NUGRAHA SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Al-Mubarok adalah salah satu Pondok Pesantren yang membentuk kader untuk seorang da’I untuk masa depan dengan cara menerapkan kegiatan, kegiatan muhadharah ini dilaksanakan secara rutin dalam setiap minggunya yaitu pada selasa malam rabu. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri para santri ketika berbicara didepan umum, kemudian kegiatan ini dijadwalkan perkelasnya untuk setiap santri yang mendapatkan tugas atau giliran pada acara muhadharah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dalam pembelajaran muhadharah santri Pondok Pesantren Al-Mubarok Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara, dan untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi dalam pembelajaran muhadharah santri Pondok Pesantren Al-Mubarok Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan sifat penelitian yang dipakai adalah deskriptif analisis, teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses pengambilan data peneliti mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Pengasuh Pondok Ustadz dan Santri Putra Pondok Pesantren Al-Mubarok dan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen pendukung Pondok Pesantren Al-Mubarok. Kemudian untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan ntuk menganalisis data peneliti yaitu menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau vertifikasi. Hasil penelitian ini adalah, penerapan pembelajaran muhadharah di Pondok Pesantren Al�Mubarok ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu penyampaian tujuan kegiatan dalam pembelajaran muhadharah kepada santri, waktu pelaksanaan dalam pembelajaran muhadharah, perencanaan pelaksanaan dalam pembelajaran muhadharah dan evaluasi kegiatan pelaksanaan dalam pembelajaran muhadharah. Adapun penerapan pembelajaran muhadharah yang diterapkan dalam upaya melatih kemampuan berpidato santri adalah dengan menggunakan strategi manuskrip, strategi menghafal dan strategi impromtu. Adapun kendala yang terjadi setelah diterapkan pembelajaran muhadharah yaitu kurangnya disiplin waktu, sulitnya menghafal teks dan kurangnya referensi yang dihadapi santri dengan mencari informasi kepada pengurus pondok, Al-Qur’an, Hadist dan juga melalui kitab-kitab kuning. iv ABSTRACT Al-Mubarok Islamic Boarding School is one of the Islamic boarding schools that forms cadres for a preacher for the future by implementing activities, this muhadharah activity is carried out routinely every week, namely on Tuesday and Wednesday nights. This activity aims to train the confidence of the students when speaking in public, then this activity is scheduled in class for each student who gets an assignment or turn at the muhadharah event. This study aims to find out how the implementation of muhadharah learning for students at Al-Mubarok Islamic Boarding School, Bukit Kemuning District, North Lampung Regency, and to find out how the obstacles encountered in learning Muhadharah for students at Al-Mubarok Islamic Boarding School, Bukit Kemuning District, North Lampung Regency. This type of research is a type of field research and the nature of the research used is descriptive analysis, this data collection technique uses observation, interview and documentation techniques. In the data collection process, researchers used observation, interview and documentation techniques. The data sources in this study were primary and secondary data sources. The primary data sources in this study were the caretakers of the Al�Mubarok Islamic Boarding School and the Ustadz Islamic Boarding School's male students and the secondary data sources, namely the supporting documents of the Al-Mubarok Islamic Boarding School. Then to ensure the validity of the data in this study using source triangulation and technical triangulation, and to analyze the data researchers used data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions or verification. The results of this study are, the application of muhadharah learning at the Al-Mubarok Islamic Boarding School is carried out through several stages, namely conveying the objectives of the activities in muhadharah learning to students, implementation time in muhadharah learning, implementation planning in muhadharah learning and evaluation of implementation activities in muhadharah learning. The application of muhadharah learning which is applied in an effort to train students' speech skills is to use the manuscript strategy, memorization strategy and impromptu strategy. The obstacles that occur after implementing muhadharah learning are the lack of time discipline, the difficulty of memorizing texts and the lack of references faced by students by seeking information from the boarding school administrators, Al-Qur'an, Hadith and also through yellow books.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:54
Last Modified: 07 Jun 2023 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28478

Actions (login required)

View Item View Item