IMPLEMENTASI MUSTAHIK FȊ SABȊLILLȂH DALAM PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT (Studi Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Bandar Lampung)

MUHAMMAD, ABDUL AZIS (2023) IMPLEMENTASI MUSTAHIK FȊ SABȊLILLȂH DALAM PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT (Studi Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN BAB 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of MUHAMMAD ABDUL AZIS_tesis.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Merujuk kepada firman Allah swt dalam surat al-Taubah ayat 60, dijelaskan bahwa aṣnâf fȋ sabȋlillȃh merupakan salah satu dari sekian golongan yang berhak menerima zakat. Sudah tentu ulama berbeda pendapat dan tidak satu pendapat dalam mengartikan/mendefinisikan aṣnâf fȋ sabȋlillȃh, hal tersebut disebabkan cara pandang ulama dalam memaknai teks dari Alquran dan Hadis. Perbedaan pendapat tersebut terletak pada pendistribusian untuk golongan fȋ sabȋlillȃh harus diberikan tetap seperti yang dijalankan di masa Rasulullah saw dan para sahabat, yaitu untuk para mujȃhidȋn yang ikut dalam perang secara fisik, pendapat ini merupakan pendapat ulama muḍayyiqȋn. Sedangkan ulama yang beraliran muwassa‘ȋn cenderung memperluas maknanya sampai untuk biaya dakwah dan kepentingan umat Islam secara umum. Di samping itu juga, penulis akan menguraikan terkait dengan implementasi pendistribusiannya pada Lembaga Amil Zakat di Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep mustahik fȋ sabȋlillȃh dalam pendistribusian dana zakat (studi pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Bandar Lampung)?; Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap konsep mustahik fȋ sabȋlillȃh dalam pendistribusian dana zakat (studi pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Bandar Lampung)?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan hukum primer, sekunder dan tersier, serta menggunakan teori maqaṣid al-syarîʽah dan maṣlaḥah sebagai pisau analisis. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik berfikir deduktif yang kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, bahwa konsep fȋ sabȋlillȃh pada keempat LAZ yang beroperasioanal di Bandar Lampung, yaitu segala yang terkait dengan pengertian dan konsep golongan telah tertera pada peraturan tentang pendistribusian dan pendayagunaan zakat di BAZNAS, adapun golongan tersebut adalah pertama, Orang atau kelompok/lembaga yang sedang berjuang menegakan kalimat Allah. Kedua, orang yang secara ikhlas melaksanakan tuntunan agama baik tuntunan wajib, sunah, dan berbagai kebajikan lainnya untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Ketiga, Orang yang secara ikhlas dan sungguh-sungguh dalam iv menuntut ilmu yang bermanfaat bagi umat. Kalo untuk pendistribusianya, memiliki peraturan yang mengaturnya, baik untuk pendayagunaan atau untuk pendistribusiannya. Hasil analisis yang kedua adalah analisis terhadap tinjauan maqâṣid al-syarȋʽah terhadap konsep mustahik fȋ sabȋlillȃh dalam pendistribusian dana zakat berdasarkan apa yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Bandar Lampung, paling tidak dimaksudkan untuk menjaga dua persoalan pokok. Kedua persoalan itu adalah ḥifẓ al-dîn, untuk memelihara agama, dan ḥifẓ al-‘aql, untuk menjaga akal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:23
Last Modified: 06 Jun 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28473

Actions (login required)

View Item View Item