PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN BIOLOGI TERHADAP MATA KULIAH ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN YANG BERKELANJUTAN

ADE, CANDRA (2023) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN BIOLOGI TERHADAP MATA KULIAH ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN YANG BERKELANJUTAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ADE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari melihat persepsi mahasiswa pendidikan agama islam dan pendidikan biologi terhadap mata kuliah islam dan lingkungan hidup dalam upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan partipisan dalam penelitian ini adalah dengan tehnik purposive sampling yaitu mahasiswa angkatan 2021 semester 4 yang sudah menyelesaikan matakuliah islam dan lingkungan hidup. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap mata kuliah islam dan lingkungan hidup dalam upaya pengelolaan yang lingkungan yang berkelanjutan pada indikator infrastruktur rata-rata 65% kriteria tinggi, kemudian pada indikator energi rata-rata 56% kriteria cukup, kemudian pada indikator sampah rata-rata 47% kriteria cukup, kemudian pada indikator air rata-rata 68% kriteria tinggi, kemudian pada indikator transfortasi rata-rata 46 kriteria cukup%, dan pada indikator pendidikan rata-rata 42 % kriteria cukup.Persepsi mahasiswa pendidikan agama islam terhadap mata kuliah islam dan lingkungan hidup dalam upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, pada indikator infrastruktur rata-rata 68% kriteria tinggi, kemudian pada indikator energi 54 kriteria cukup%, kemudian pada indikator sampah rata-rata 31% kriteria rendah , kemudian pada indikator air rata-rata 64% kriteria tinggi, kemudian pada indikator transfortasi rata-rata 40% kriteria rendah, dan pada indikator pendidikan rata-rata 38% kriteria rendah. Kata kunci : Persepsi, Islam dan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Lingkungan iii ABSTRACT This research is based on looking at the perceptions of students in biology education and Islamic religious education towards Islamic and environmental subjects in an effort to manage the environment in a sustainable manner. This type of research is qualitative. Participation in this study was determined using a purposive sampling technique, namely students from class 2021 in semester 4 who had completed Islamic and environmental courses. Data collection techniques using questionnaires, interviews, and documentation. Perceptions of biology education students towards Islamic and environmental subjects in an effort to manage a sustainable environment on the infrastructure indicator average 65% high criteria, then on the energy indicator average 56% sufficient criteria, then on the waste indicator average 47% sufficient criteria, then the water indicator averages 68% high criteria, then the transportation indicator averages 46% sufficient criteria, and the education indicator averages 42% sufficient criteria. Perceptions of Islamic religious education students towards Islamic and environmental subjects in an effort to manage the environment sustainably, on the infrastructure indicator average 68% high criteria, then on the energy indicator 54 criteria enough%, then on the waste indicator average 31% low criteria , then the water indicator averaged 64% high criteria, then the transportation indicator averaged 40% low criteria, and the education indicator averaged 38% low criteria. Keywords: Perception, Islam and the Environment, Environmental Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:48
Last Modified: 06 Jun 2023 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item View Item