TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI (Studi Pada Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung)

Astria, Wulan Suci (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI (Studi Pada Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASTRIA WULAN SUCI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya angka positif Covid-19 membuat kekhawatiran pemerintah Indonesia. Pemerintah terus melakukan segala upaya untuk menurunkan angka positif Covid-19, salah satunya dengan cara melakukan vaksinasi. Namun, ditengah masyarakat terjadi pro-kontra terhadap pelaksanaan vaksinasi tersebut. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung serta Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung serta analisisnya berdasarkan hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian hukum dengan menggunakan pendekatan hukum normative-empiris, dalam hal ini dengan mengamati pelaksanaan vaksinasi di UPT Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode deskriftif kualitatif untuk memperoleh data penulis menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan vaksinasi, serta tujuan vaksinasi. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan pelaksanaan vaksinasi di UPT Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi di UPT Puskesmas Gedong Air berjalan dengan baik walaupun ada masyarakat yang melakukan vaksinasi sebagai syarat untuk suatu administratif. Dalam analisis hukum Islam rakyat mempunyai kewajiban untuk menaati para ulil amri (pemerintah) hal itu sesuai dengan Q.S An-Nisa 58. Vaksinasi berguna untuk kesehatan dan mencegah penyakit upaya yang dilakukan pemerintah tersebut merupakan untuk kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:42
Last Modified: 06 Jun 2023 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28451

Actions (login required)

View Item View Item