PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MENGHAFAL AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 OKU TIMUR

EMI, KHOIRIYAH (2023) PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MENGHAFAL AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2& daftar rujukan EMI.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skrisi EMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MENGHAFAL AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 OKU TIMUR Menghafal Al-Quran merupakan suatu perbuatan yang mulia, yang memiliki keutamaan dan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt. Oleh karena itu, hendaklah setiap kaum muslim harus memiliki keinginan yang tinggi untuk menghafal Al�Quran. Pada saat sekarang, banyak Lembaga Pendidikan formal yang memasukkan pelajaran Tahfizh Quran ke dalam mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik. Ketika sedang menghafal Al-Quran tentu seorang penghafal akan menemukan problematika, baik eksternal ataupun internal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika menghafal Al-Quran dan solusi untuk mengatasi problematika menghafal Al-Quran peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data di peroleh dari data primer dan sekunder. Data primer berupa wawancara secara langsung kepada kepala sekolah, pendidik tahfizh, dan peserta didik. Sedangkan data sekunder diperoleh dari media seperti buku album sekolah, jurnal, artikel, maupun penelitian terdahulu sebagai acuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi sebagai media pendukung. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. Hasil penelitian ini berupa problematika menghafal Al�Quran peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur baik problematika eksternal ataupun problematika internal. Problematika eksternal menghafal Al-Quran peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur adalah: terbatasnya jumlah pendidik Tahfizh Quran, minimnya jumlah jam pelajaran Tahfizh Quran, dan terbatasnya waktu untuk mengulang hafalan. Sedangkan problematika internal menghafal Al-Quran adalah: kemampuan iv membaca Al-Quran peserta didik sangat terbatas, tidak sabar dan malas menghafal Al-Quran, tidak semangat menghafal Al�Quran, dan lupa terhadap hafalan yang dimiliki. Adapun solusi untuk mengatasi problematika eksternal tersebut adalah: menambah jumlah pendidik Tahfizh Quran, menambah jam pelajaran Tahfizh Quran, serta sekolah dan peserta didik harus memiliki jadwal khusus untuk mengulang hafalan. Sedangkan solusi untuk mengatasi problematika internal adalah: mengadakan kelas tambahan khusus Tahsin Quran, memberi sanksi yang tegas bagi peserta didik yang tidak mencapai target hafalan, memotivasi dan mengevaluasi hafalan peserta didik setiap minggu, dan sering melakukan murajaah Al-Quran. Kata Kunci: Problematika, Solusi, Menghafal Al-Quran v ABSTRAK PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MENGHAFAL AL-QURAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 OKU TIMUR Memorizing the Quran is a noble deed, which has multiple virtues and rewards from Allah Swt. Therefore, every muslim should have a high desire to memorize the Al-Quran. At present, many formal educational institutions include Tahfizh Quran lessons as compulsory subjects that must be followed by all students. When memorizing the Al-Quran, of course a memorizer will find problems, both external and internal. Therefore, this study aims, to find out the problems of memorizing the Al-Quran and solutions to overcome the problems of memorizing the Al-Quran for Class XI students at MAN 1 OKU east. This study uses qualitative methods with data sources obtained from primary and secondary data. Primary data is in the form of direct interviews with school principals, tahfizh educators, and students. While secondary data were obtained from media such as school album books, journals, articles, and previous research as a reference for this research. Data collection techniques were carried out by means of unstructured interviews, observation and documentation as supporting media. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are the problems of memorizing the Quran for class XI students at MAN 1 OKU east are both external problems and internal problems. The external problems of memorizing the koran for class XI students at MAN 1 OKU east are the limited number of Tahfizh Quran educators, the minimum number of hours of Tahfizh Quran lessons, and the limited time for repeating memorixation. While the internal problems of memorizing the koran are the student’s ability to read the koran is very limited, they are impatient and lazy to memorize the koran, they are not enthusiastic about memorizing vi the koran, and they forget their memorization. The solutions to overcome these external problems are: increasing the number of Tahfizh Quran educators, increasing Tahfizh Quran lessons hours, and schools and students must have special schedule for repeating memorization, motivate and evaluate students’s memorization every week, and often do murajaah Al-Quran. Keywords: Problems, solutions, memorizing Al-Quran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:25
Last Modified: 05 Jun 2023 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item