AIR DALAM RITUAL KEAGAMAAN MENURUT PRESPEKTIF MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU SEBAGAI JALAN KESELAMATAN (Studi Kasus Di Desa Banjar Agung, Tulang Bawang)

AISYAH, AISYAH (2023) AIR DALAM RITUAL KEAGAMAAN MENURUT PRESPEKTIF MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU SEBAGAI JALAN KESELAMATAN (Studi Kasus Di Desa Banjar Agung, Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Air merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tidak jarang agama seperti Islam dan Hindu memanfaatkan air untuk keperluan ibadah, dan ada pula yang meyakininya sebagai media pengobatan. Maka dari itu air tidak dipandang sebagai ritus melainkan pula pada fungsinya sesuai apa yang diyakini oleh masyarakat. Ada pun rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Bagaimana air dalam perspektif Masyarakat Islam dan Masyarakat Hindu? 2) Bagaimana pemanfaatan air di dalam ritual keagamaan pada masyarakat Islam dan masyarakat Hindu dalam hal jalan keselamatan keselamatan? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berjenis field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan datanya ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah masyarakat desa Banjar Agung, Tulang Bawang. Hasil temuan dalam penelitian ini bahwa air memiliki arti kesuburan, keselarasan manusia dengan alam, kebersihan, dan kemurnian dalam pandangan masyarakat Islam dan Hindu. Kegunaan air bagi kedua agama ini, tidak saja untuk ritual dalam agama masing�masing, melainkan ada esensi dan nilai tradisi untuk keberlangsungan hajat duniawi seperti pawang hujan, mendapatkan jodoh, mengusir jin/setan dalam rumah atau tubuh manusia, dan air tersebut dibacakan mantra-mantra sesuai kepercayaan dalam dua agama ini. Kata Kunci: Air, Ritual Keagamaan, Agama Islam, Agama Hindu. ABSTRACT Water is a very important component in human life. It is not uncommon for religions such as Islam and Hinduism to use water for religious purposes, and some believe it is used as a medicinal medium. Therefore, water is not seen as a ritual, but also as a function according to what is believed by the community. There are also problem formulations in this study: 1) How is water in the perspective of Islamic Communities and Hindu Communities? 2) How is the use of water in religious rituals in Islamic society and Hindu society in terms of the way of safety? This research is a qualitative research, a type of field research (field research). Data collection methods are observation, interviews and documentation. The primary data source is the Banjar Agung village community, Tulang Bawang. The findings in this study that water has the meaning of fertility, human harmony with nature, cleanliness, and purity in the view of Muslim and Hindu communities. The use of water for these two religions is not only for rituals in their respective religions, but also for the essence and value of tradition for the continuation of worldly needs such as charmers of rain, getting a mate, expelling jinn/demons in the house or human body, and the water is recited mantras. spell according to the belief in these two religions. Keywords: Water, Religious Rituals, Islam, Hinduism.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:04
Last Modified: 05 Jun 2023 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28447

Actions (login required)

View Item View Item