PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI UPT SMP NEGERI SATU ATAP PAGELARAN UTARA KABUPATEN PRINGSEWU

MUHAMMAD, PAUZI (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI UPT SMP NEGERI SATU ATAP PAGELARAN UTARA KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. PAUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan informasi atau bantuan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok Dengan teknik diskusi dalam meningkatkan sikap toleransi peserta didik di UPT SMP Negeri 1 Atap Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jenis Penelitian Yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengedepankan pada pendekatan yang bersifat deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru bimbingan konseling di UPT SMP Negeri 1 Atap Pagelaran Kabupaten Pringsewu sudah terlaksana, yang salah satu layanannya yaitu, layanan bimbingan kelompok mengunakan teknik diskusi yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menyelesai kan permasalahan yang sedang peserta didik hadapi Kondisi sikap toleransi peserta didik di UPT SMP Negeri Satu Atap Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu sudah mengalami peningkatan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari perubahan prilaku atau sikap peserta didik yang sudah mampu untuk berintaksi sosial yang baik dengan guru dan teman sebaya. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Sikap Toleransi, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:15
Last Modified: 05 Jun 2023 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

View Item View Item