PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PERSERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIAH 2 BANDAR LAMPUNG

ADAM, MUHAMMAD HUSIN (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PERSERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi adam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Penelitian ini dilatar belakangi masih adanya peserta didik yang kurang percaya diri dalam belajar yang ditunjukkan dengan siswa yang mudah marah dengan perkataan teman, tidak berperan aktif dalam kelompok, takut berpendapat di depan kelas, dan adanya peserta didik yang grogi ketika tampil dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan kepercayaan diri peserta didik ditinjau dari aspek percaya akan kemampuan diri, berani menjadi diri sendiri, mampu mengendalikan diri, memiliki internal locus of control dan mampu berfikir positif, dan untuk mengungkapkan upaya guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui layanan informasi, bimbingan kelompok, penguasaan konten, dan layanan penempatan penyaluran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengindetifikasi peserta peserta didik yang memiliki rasa kurang percaya diri. Hasil penelitian menunjukan proses layanan bimbingan kelompok yang dilakukan guru BK terlaksana dengan baik dan optimal. Dapat terlihat dari perubahan tingkah laku terkait percaya diri peserta didik yang awalnya kurang, ada peserta didik yang pendiam, malu, trauma dan tidak berani saat tampil di depan kelas , tidak berani mengmukakan pendapat saat mengikuti kegiatan diskusi, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok peserta didik meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya yang diberikan guru bimbingan konseling melalui pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok daapt meningkat kan percaya diri peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung . iv ABSTRACT Confidence is an individual's positive attitude that allows him to develop a positive assessment, both of himself and of the environment/situation he faces. The background of this research is that there are still students who lack confidence in learning as indicated by students who are easily angered by friends' words, do not play an active role in groups, are afraid to argue in front of the class, and there are students who are nervous when appearing in class. The purpose of this study was to reveal student self�confidence in terms of the aspect of believing in one's own abilities, daring to be oneself, being able to control oneself, having an internal locus of control and being able to think positively, as well as to reveal the guidance and counseling teacher's efforts to increase student self�confidence through information services, group guidance, content mastery, and placement services. The research method used is a qualitative research method.Data collection techniques with interviews, observation, and documentation are used to identify students who lack confidence. The results showed that the process of group guidance services carried out by counseling teachers was carried out well and optimally. This can be seen from changes in behavior related to students' self-confidence which was initially lacking, there were students who were quiet, shy, traumatized and did not dare to appear in front of the class, did not dare to express opinions when participating in activities. discussion activities, but after being given group guidance services the students increased. Thus it can be concluded that the efforts given by counseling teachers through the implementation of group guidance service activities can increase the self-confidence of SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:05
Last Modified: 05 Jun 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28443

Actions (login required)

View Item View Item