TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

SUPRINADI, Basaruddin (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Suprinadi 1621020455 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat terdapat kantor desa dalam pelayanan aparatur pemerintah desanya dikantor tersebut sering menimbulkan keluhan-keluhan dari masyarakat yang mengurus surat domisili, surat keterangan pindah, akta kematian, KK, e-KTP. Untuk itu perlu dilakukan penilaian kinerja aparaturnya, penilaian ini dimaksudkan untuk melihat apakah hasil kinerja dari aparatur pemerintah desa sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena membuat penulis tertarik untuk membahas dengan rumusan : bagaimana kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat, kemudian bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat, kemudian ingin mengetahui tinjauan fiqih siyasah terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitin deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung antara peneliti dengan narasumber, kemudian hasilnya dianalisis secara kualitatiif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat belum optimal karena masih terdapat keluhan masyarakat tentang pelayanan dan kinerja aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Seharusnya kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publk dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan publik. Tinjauan fiqih siyasah terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat belum berjalan sesuai dengan fiqih siyasah. Karena masih adanya Aparatur Pemerintah Desa yang tidak amanah dan tidak adil dalam menjalankan tugasnya. Seharusnya kinerja aparatur pemerintah desa sesuai dengan nilai yang terkandung dalam fiqih siyasah yaitu Keadilan, Meninggalkan yang Tidak Bernilai Guna, Ukhuwah, dan Amanah. Kata Kunci: Kinerja Aparatur, Pelayanan Publik, Fiqih Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:15
Last Modified: 05 Jun 2023 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item