STRATEGI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA WAY PETAI KEC. SUMBER JAYA KAB. LAMPUNG BARAT

RESTA, PUJI ANGGRAINI (2023) STRATEGI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA WAY PETAI KEC. SUMBER JAYA KAB. LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RESTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sosial emosional pada anak sangat penting karena sebagai persiapan awal anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini. Apabila perkembangan sosial emosional anak tidak diperhatikan maka dapat memungkinkan anak mengalami permasalahan perkembangan sosial seperti sulit menyesuaikan diri, memiliki sifat egois, agresif, suka bertengkar. Maka sebagai orang tua harus tau bagaimana strategi orang tua dalam mengatasi perkembangan sosial emosional anak. Dalam penelitian ini menggunakan teori perkembangan sosial emosional Salovey dan Mayer. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengatasi permasalahan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak usia 5-6 tahun di Desa Way Petai yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan uji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi orang tua dalam mengatasi permasalahan perkembangan sosial emosional anak adalah dengan cara memahami dan menanggapi perasaan anak, apabila setiap perasaan anak didengarkan dan di tanggapi secara tepat. Anak akan merasa bahwa dirinya sosok yang penting di mata orang tuanya. Kemudian melatih pengendalian diri dan emosi pada anak, dan menerapkan konsep empati agar anak bisa membantu dan menolong orang lain. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan sosial emosional anak berkembang dengan baik atau tidak, hal ini ditunjukan anak memiliki rasa empati, kemandirian, mengalokasikan rasa marah, menyesuaikan diri, dan sikap hormat dengan orang lain. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap 20 orang anak yang ada di Desa Way petai Kec. Sumberjaya Kab. Lampung Barat terdapat 4 orang yang belum berkembang, 4 orang mulai berkembang, 6 orang berkembang sesuai harapan, dan 6 orang berkembang dengan baik. Kata Kunci: Strategi Orang tua, Permasalahan Perkembangan Sosial Emosional iii ABSTRACT Social emotional development in children is very important because it is the initial preparation of the child in adjusting to the environment to develop various potentials of children from an early age. If the child's social emotional development is not paid attention to, it can allow the child to experience difficulties such as the inability to adapt to the environment, then the child will experience other social development problems, such as having selfish, aggressive, quarrelsome traits. So as parents we must know how parents' strategies in dealing with children's social emotional development. In this study using the theory of social emotional development Salovey and Mayer. The purpose of this study was to find out the parents' strategies in overcoming the problems of the social emotional development of children aged 5-6 years. The method used in this study is descriptive qualitative, the research subjects in this study were the parents of children aged 5-6 years in Way Petai Village, totaling 20 people. Data collection techniques in this study used interview, observation, and documentation techniques. Data analysis techniques used data reduction techniques, data presentation, and verification and validity testing using triangulation techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that the strategy of parents in overcoming the problems of children's social emotional development is by understanding and responding to children's feelings, if every child's feelings are listened to and responded to appropriately. The child will feel that he is an important figure in the eyes of his parents. Then train self-control and emotions in children, and apply the concept of empathy so that children can help and help others. Based on the results of research on children's social emotional development developing well or not, this shows that children have a sense of empathy, independence, allocating anger, adapting, and respecting others. From the results of observations made by researchers on 20 children in Way Petai Village, Kec. Sumberjaya Kab. West Lampung there are 4 people who have not developed, 4 people are starting to develop, 6 people are developing as expected, and 6 people are developing well. Keywords: Parental Strategy, Social Emotional Development Problems

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:48
Last Modified: 05 Jun 2023 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item View Item