ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS CO-MANAGEMENT SUMBER DAYA PERIKANAN TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN NELAYAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Dinas Perikanan di Kabupaten Lampung Selatan)

M., Saifullah (2023) ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS CO-MANAGEMENT SUMBER DAYA PERIKANAN TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN NELAYAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Dinas Perikanan di Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi M. Saifullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Model Pengembangan Ekonomi Berbasis Co�Management Sumber Daya Perikanan Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Dtinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Perikanan di Kabupaten Lampung Selatan) Oleh M. Saifullah Indonesia sebagai negara kepulauan dan daerah lautnya lebih luas daripada luas daratan, memiliki potensi perikanan tangkap yang besar. Nelayan adalah salah satu profesi pekerjaan yang banyak ditekuni di Indonesia. Penghasilan masyarakat nelayan pada umumnya akan memberikan dampak kesejahteraan bagi hidup nelayan itu sendiri. Pengelolaan sumber daya perikanan yang baik akan akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan nelayan. Pada penelitian ini akan dibahas pengelolaan perikanan dengan model co-management atau pengelolaan bersama. Namun adakalanya pendapatan para nelayan bergantung pada keadaan alam, cuaca, dan kondisi ombak laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif implementasi model co-management perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan, serta ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun penelitian yang akan dilaksanakan ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan suatu data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau dari lisan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, mengenai aktifitas ekonomi masyarakat nelayan Lampung Selatan. Hasil dari penelitian ini adalah nelayan mampu memenuhi kebutuhan ekonominya dari melaut, karena kemudahan akses membeli bahan bakar, menjual ikan, mendapatakan modal pinjaman dari stakeholder terkait. Pengelolaan dengan model co-management membawa dampak positif terhadap kesejahteraan nelayan atau keluarganya semakin terpenuhi baik kebutuhan primer maupun sekunder. Maka diasumsikan keluarga nelayan akan semakin baik. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam, pengelolaan perikanan dengan model co-management yang dilakukan, telah sesuai dengan syariat Islam yang menganjurkan bahwa pengelolaan ekonomi harus bertanggung jawab dan adil, yang pada akhirnya masyarakat akan sejahtera. Kata kunci: Masyarakat Nelayan, Co-Management, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:27
Last Modified: 05 Jun 2023 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item