PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL SANTRI DI KECAMATAN SUNGKAI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Siti, Zainab (2023) PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL SANTRI DI KECAMATAN SUNGKAI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Tesis 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Tesis Siti Zainab Ful.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Raudlatul Ulum merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam yang melakukan pemberdayaan bagi santrinya dalam bidang life skill. Sejak awal berdirinya sampai sekarang telah banyak meluluskan santri yang mandiri melalui life skill yang diajarkan selama menempuh Pendidikan, terlebih lagi Raudlatul Ulum membebaskan santrinya dari biaya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pemberdayaan serta hasil dari program pemberdayaan santri melalui kegiatan peningkatan life skill. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang mengamati kegiatan peningkatan life skill di pondok pesantren Raudlatul Ulum. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi data, lalu dilakukan penarikan kesimpulan. Proses keabsahan data menggunakan empat uji yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitias. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pemberdayaan yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Lampung Utara dalam mengembangkan life skill santri berfokus pada aspek kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. (2) hasil dari proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum terhadap pengembangan life skill santri dilakukan secara signifikan dan berkelanjutan melalui praktek secara rutin dan menghasilkan kemandirian terhadap santri. Dengan demikian, penelitian ini memaparkan sebuah proses pemberdayaan life skill santri yang dilakukan dalam aspek akademik seperti muhadaroh maupun vokasional seperti pelatihan dalam menjahit dan peternakan dengan memperhatikan tahap pemberdayaan sehingga memunculkan sebuah kemandirian santri yang saat ini telah banyak yang membuat rumah jahit dan peternakan kambing mandiri. Kata Kunci: Pemberdayaan, Life Skill, Santri, Pondok Pesantren vii ABSTRACT Raudlatul Ulum Islamic Boarding Schools is one of the educational institutions that empowers its students in the field of life skills. Since its inception until now, many students have graduated from independent students through life skills taught during their education. The purpose of this study is to analyze the empowerment process and the implementation of the student empowerment program through life skill improvement activities. The research method used in this study is to use qualitative research. This research approach uses a phenomenological approach that observes life skills improvement activities at the Raudlatul Ulum Islamic boarding school. Data collection is carried out by means of observation, interviews and documentation. The collected data is then processed by reducing data, presenting data, verifying data, then drawing conclusions. The data validity process uses four tests, namely credibility, transferability, dependability, and confirmabilitias. The results of this study show that: (1) the empowerment process applied by the Raudlatul Ulum Islamic Boarding School in North Lampung to the development of student life skills focuses on aspects of academic skills and vocational skills. (2) The implementation of the empowerment process carried out by the Raudlatul Ulum Islamic Boarding School towards the development of students' life skills is carried out significantly and sustainably through regular practice and produces independence for students. Thus, this study describes a process of empowering students' life skills carried out in academic and vocational aspects by paying attention to the empowerment stage so as to give rise to an independence which is the ultimate goal of the empowerment process. Kata Kunci: Empowerment, Life Skills, Students, Islamic Boarding Schools

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 08:20
Last Modified: 31 May 2023 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28409

Actions (login required)

View Item View Item