PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK MTSN 3 LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Elda, Puspita (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK MTSN 3 LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of skripsi elda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri belajar adalah sikap positif yang dimiliki oleh seorang individu yang membiasakan dan menampakkan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain, lingkungan, serta situasi yang dihadapi untuk meraih apa yang diinginkan dalam mencapai penguasaan ilmu pengetahuan. Dalam mengoptimalkan kemampuan peserta didik pada proses belajar, tidak semua peserta didik memiliki kepercayaan diri belajar yang tinggi. Namun terdapat pula peserta didik yang memiliki kepercayaan diri belajar yang rendah seperti yang terjadi di MTSN 03 Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri belajar peserta didik dengan kelas di MTSN 03 Lampung Utara tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan berbentuk pre experimental design dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa angket serta desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTSN 03 Lampung Utara dengan jumlah populasi sebanyak 30 peserta didik dan sampel sebanyak 10 peserta didik yang memiliki kepercayaan diri belajar rendah. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri belajar peserta didik setelah melaksanakan bimbingan kelompok teknik self-instruction dengan diperoleh hasil pretest sebesar 461 dengan rata-rata skor 46,1 setelah diberikan treatment maka dilakukan posttest dan diperoleh hasil 781 dengan rata�rata 78,1. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank sehingga didapatkan nilai Z sebesar - 2.810. Pada analisis Wilcoxon signed rank diperoleh hasil sebesar 0.005< 0,05 (5%), sesuai dengan kriteria Wilcoxon signed rank berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self�instruction berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri belajar peserta didik di MTSN 03 Lampung Utara. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri Belajar. ABSTRACT Learning self-confidence was a positive attitude possessed by an individual who habituates and manifests himself to develop a positive assessment both of himself and of other people, the environment, and the situations faced to achieve what was desired in achieving mastery of knowledge. In optimizing students' abilities in the learning process, not all students had high learning confidence. But there are also students who had low learning confidence as happened at MTSN 03 North Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling with self-instruction techniques to increase students' learning confidence with classes at MTSN 03 North Lampung for the 2022/2023 academic year. The research method used was in the form of a pre�experimental design using purposive sampling techniques and data collection techniques in the form of questionnaires and the research design used was one group pretest posttest design. The research subjects were class VIII students of MTSN 03 North Lampung with a total population of 30 students and a sample of 10 students who had low learning confidence. Based on the research data, it shows that there was an increase in students' learning confidence after carrying out the self-instruction technique group guidance with a pretest result of 461 with an average score of 46.1 after being given treatment, a posttest was carried out and the results are 781 with an average of 78 ,1. Data were analyzed using the Wilcoxon signed rank test so that a Z value of 2,810 was obtained. In the Wilcoxon signed rank analysis, the results obtained were 0.005 <0.05 (5%), according to the Wilcoxon signed rank criteria, meaning that Ho was rejected and H was accepted. So it could be concluded that self-instruction technique group counseling services had an effect on increasing the learning confidence of students at MTSN 03 North Lampung. Keywords : Group Counseling, learning confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 08:21
Last Modified: 31 May 2023 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28408

Actions (login required)

View Item View Item