ANALISIS SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP PERGANTIAN ANTAR WAKTU (PAW) DI TENGAH MASA JABATAN (Studi Pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung)

DIAN, PERTIWI (2023) ANALISIS SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP PERGANTIAN ANTAR WAKTU (PAW) DI TENGAH MASA JABATAN (Studi Pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga perwakilan yang sedang menjabat dapat diganti kedudukannya dengan anggota lain dengan syarat yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mekanisme ini disebut dengan Pergantian Antar Waktu (PAW). Dalam pelaksanaannya, mekanisme PAW merupakan sarana yang positif dan efektif untuk memaksimalkan kinerja lembaga perwakilan, tetapi terdapat juga berbagai permasalahan yang muncul antara lain penggantian anggota lembaga perwakilan ditengah masa jabatannya akan membuat tujuan dari pemilihan umum yang terlaksana menjadi menyimpang karena anggota lembaga perwakilan yang terpilih oleh rakyat dapat berganti akibat putusan partai politik. Selain itu sengketa antara anggota lembaga perwakilan dengan partai pengusungnya tidak dapat dihindari akibat proses yang tidak tepat dalam melaksanakan mekanismenya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Pergantian Antar Waktu (PAW) ditengah masa jabatan di DPRD Kota Bandar Lampung, dan bagaimana pelaksanaan Pergantian Antar Waktu (PAW) ditengah masa jabatan menurut analisis siyâsah syar’iyyah di DPRD Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif lapangan, yakni salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak penelitian. penelitian lapangan biasanya dilakukan untuk memutuskan ke arah mana penelitiannya berdasarkan konteks. Lokasi penelitian berada di Gedung DPRD Kota Bandar Lampung, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif atau field research dengan menggunakan data primer dan sekunder. Kemudian disajikan dalam bentuk analisis deskriptif dimana data-data yang dihasilkan dari sumber data primer maupun sekunder di deskripsikan dan memberikan gambaran yang sesuai kenyataan dilapangan untuk kemudian menghasilkan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD Kota Bandar Lampung Pada tahun 2019-2024 sudah terjadi selama tiga kali dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan. PAW yang dilaksanakan oleh DPRD Kota Bandar Lampung kaitannya dengan siyâsah syar’iyyah adalah agar DPRD Kota Bandar Lampung dapat melaksanaan PAW sesuai dengan syariah Islam sehingga dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD Kota Bandar Lampung pada tahun 2019-2024 sudah terjadi selama tiga kali dan sudah sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang mengatur PAW. Dalam melaksanakan PAW, DPRD Kota Bandar Lampung sudah menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan Undang-Undang dan siyâsah syar’iyyah, sehingga Pelaksanaan PAW ini tidak bertentangan dan dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Pergantian Antar Waktu (PAW), Siyâsah Syar’iyyah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 08:12
Last Modified: 31 May 2023 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item View Item